Alamak, Pria di Negara Ini Kenakan Hijab, Kenapa Ya?

Alamak, Pria di Negara Ini Kenakan Hijab, Kenapa Ya?
ilustrasi
Senin, 01 Agustus 2016 21:55 WIB

PEKANBARU- Astaga, sejumlah pria di negara ini mengenakan pakaian hijab. Kira-kira apa sih alasannya mengapa memakai perlengkapan Muslimah itu?

Para pria yang mengenakan hijab itu terjadi di negara Iran. Mereka memakainya sebagai bentuk solidaritas pada perempuan di negara tersebut yang dipaksa untuk mengenakan hijab di ruang publik. Mengenakan penutup kepala adalah aturan tegas yang diterapkan Iran dan selalu diawasi oleh polisi moral. Hal itu sudah diterapkan di Iran sejak 1979.

Perempuan yang tidak mengenakan hijab atau dianggap menggunakan hijab yang tidak sesuai seperti menunjukkan sedikit bagian rambutnya akan dikenakan sanksi. Hukuman itu mulai dari denda hingga penjara.

loading...
Seperti dikutip dari The Independent , selama sepekan terakhir, beberapa laki-laki tampil dalam foto dengan mengenakan hijab bersama istri atau keluarga perempuannya. Hal ini merupakan respons dari seruan aktivis dan jurnalis Iran yang bermukim di New York, AS, Masih Alinejad yang mengajak laki-laki untuk mendukung kampanye melawan pemaksaan berhijab.

Ads
Alinejad telah mendapatkan 30 gambar laki-laki yang mengenakan hijab sejak ia menyerukan kampanye itu pada 22 Juli lalu. Ia juga menyampaikan, beberapa laki-laki turut mengunggah foto serupa di akun Instagram masing-masing.

"Kebanyakan laki-laki ini hidup di Iran dan mereka menyaksikan kerabat perempuan mereka menderita di tangan polisi moral dan pemaksaan hijab," kata Alinejad.

Menurut Alinejad eksistensi perempuan seringkali ditentukan oleh laki-laki. Ia mengaku, dalam beberapa ajaran yang diatur oleh otoritas agama pun mempengaruhi adanya kesalahpahaman kepemilikan laki-laki atas perempuan. "Jadi ini merupakan hal fantastis untuk mengajak laki-laki mendukung hak-hak perempuan," kata Alinejad.***

Editor:anastyn
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww