BERLIN – Jika Anda cukup lama berada di Berlin, Jerman, tentunya terasa bosan dengan menu setempat. Nah, jika Anda kangen masakan Nusantara, datanglah ke Jalan Turmstr 18. Di sana ada Restoran Indonesia yang dibuka dan dikelola mantan pebulutangkis Indonesia.

Restoran ini milik pasangan Bram Fernardin (48 tahun) dan Diah Nurhadiati (47 tahun). Bram adalah mantan atlet nasional bulutangkis, seangkatan dengan Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti.

''Saya kan asli Tegal, jadi ini warteg juga,'' katanyasaat berbincang-bincang di warungnya, baru-baru ini.

Awalnya Bram dan Diah memiliki usaha katering. Bisnis yang dirintis sejak 2007 diminati masyarakat Indonesia di Berlin. KBRI pun kerap menikmati jasanya. Pada 2011, ia mulai membuka restoran.

Lokasinya cukup strategis berada di Jalan Turmstr 18. Tak jauh dari pusat perbelanjaan yang menjadi tujuan wisatawan manca negara. ''Kami menyediakan 20 menu,'' katanya.

Setiap hari restorannya mampu menghabiskan 40 kg beras per hari. Menu yang disajikan beragam, ada rawon, nasi rames, oreg tempe, sup, dadar, rendang, ikan, ayam goreng, dan sebagainya. Ada sekitar 150 tamu per hari.

''Menu favorit pelanggan adalah gado-gado, tongseng, dan sate,'' katanya. Pelanggannya tak hanya orang Indonesia tapi justru kebanyakan orang bule.***