Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Demi Keselamatan Janin, Ibu Hamil Jangan Konsumsi 9 Makanan Ini

Demi Keselamatan Janin, Ibu Hamil Jangan Konsumsi 9 Makanan Ini
Ilustrasi wanita hamil. (tempo.co)
Jum'at, 15 Juli 2016 20:18 WIB
JAKARTA - Wanita hamil harus memahami keseimbangan nutrisi untuk ibu dan si jabang bayi dengan cara menghindari makanan yang bisa membahayakan kesehatan keduanya.

Berikut ini jenis-jenis makanan yang harus dihindari selama masa kehamilan.

1. Susu mentah

Wanita hamil memang harus mengkonsumsi susu tiga-empat kali sehari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, protein, dan vitamin D yang bisa membantu perkembangan tulang, gigi, jantung, dan saraf bayi. Namun ingat, tak semua produk susu aman. Hindari susu mentah (yang belum dimasak atau dipasteurisasi) karena masih banyak bakteri berbahaya di dalamnya.

Ads
2. Daging hasil proses

Jauhi produk daging hasil proses seperti salami, daging burger, atau ayam beku karena banyak bakteri yang berkembang ketika daging tersebut disimpan dalam suhu beku.

3. Salad siap santap

Salad memang sehat karena terdiri atas buah dan sayuran segar. Namun hindari salad bar di restoran atau salad yang tidak langsung dibuat saat akan dimakan karena kita tak pernah tahu sudah berapa lama bahan-bahan salad itu berada di atas meja dan apakah kondisi di ruangan menjamin salad tetap bersih dan sehat.

4. Jus siap minum

Banyak jus segar yang dijual di pasar swalayan, bukan jus kemasan. Namun jus tersebut juga bisa mengandung bakteri E.Coli dan Listeria karena kita tak pernah tahu sudah berapa lama jus itu dibuat. Bila ingin minum jus, lebih baik buat sendiri dan langsung diminum sebelum terkontaminasi bakteri atau zat lain.

5. Daging dan ikan mentah

Lupakan steak setengah matang dan sushi salmon. Seberapa pun bersihnya makanan itu, bakteri tetap saja berkembang di daging atau ikan yang tidak matang.

6. Telur setengah matang

Telur adalah sumber protein, vitamin, dan mineral. Namun dalam keadaan hamil, jangan coba-coba mengkonsumsi telur setengah matang karena, sama seperti daging dan ikan, banyak bakteri yang masih hidup.

7. Kopi

Meminum kopi sebenarnya tidak dilarang asalkan tidak berlebihan, maksimal 200 miligram kafein sehari atau setara dengan dua cangkir kopi. Namun banyak wanita hamil yang menjadi lebih sensitif terhadap kafein sehingga lebih baik menghindari kopi dan memilih cokelat atau minuman berenergi yang juga mengandung kafein.

8. Ikan dengan merkuri tinggi

Merkuri bisa makin menumpuk dalam tubuh sehingga berbahaya dan sebaiknya dihindari karena bisa merusak sistem saraf. Hindari ikan hiu, ikan todak, atau mackerel.

9. Alkohol

Lupakan semua jenis minuman beralkohol.***
Editor : sanbas
Sumber : tempo.co
Kategori : SerbaSerbi
www www