Perhatikan Baik-baik... Ini Tanda-tanda Anda Berpotensi Penyakit Jantung

Perhatikan Baik-baik... Ini Tanda-tanda Anda Berpotensi Penyakit Jantung
ilustrasi
Selasa, 12 Juli 2016 09:30 WIB

CIRI-CIRI penyakit jantung biasanya mulai terasa menyakitkan dan mengganggu kehidupan seseorang saat penyakit mulai parah. Tidak bisa dipungkiri bahwa sakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia dan telah banyak merenggut nyawa ribuan bahkan jutaan orang di dunia.

"Untuk kebanyakan orang, gejala pertama adalah kematian mendadak atau serangan jantung," kata ketua kedokteran kardiovaskular di Cleveland Clinic, Steven Nissen, seperti dilansir laman Prevention.

Oleh karena itu, menurutnya, sudah sepatutnya semua orang mendapat bekal pengetahuan ciri-ciri gejala penyakit jantung sejak dini. Itu penting agar kelak bisa mengatasi atau bahkan menghindari penyakit jantung.

loading...
Apalagi, penyakit jantung bisa diderita siapa saja dan kapan saja baik yang memang sudah ada dalam garis keturunannya atau bagi mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Lalu bagaimanakah gejala penyakit jantung? :

Ads
1. Bau mulut

Jika Anda memiliki bau mulut busuk, jenis yang disebabkan oleh penyakit gusi, maka jantung Anda mungkin juga dalam kesulitan. Penyakit gusi mempromosikan peradangan, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit jantung.

2. Menguap selama olahraga

Menguap tetap menjadi fenomena misterius. Tetapi beberapa penelitian terbaru, termasuk satu studi dari SUNY Albany menunjukkan menguap yang baik membantu mempromosikan oksigenasi darah dan pendinginan otak.

Pada saat yang sama, menguap tanpa henti selama olahraga mungkin sinyal bahwa mekanisme pendingin tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ini yang mungkin menyebabkan masalah jantung atau gangguan peredaran darah.

3. Merasa pusing

Pernah merasa pusing ketika Anda akan tiba-tiba berdiri? Para ahli menyebut hal itu sebagai hipotensi ortostatik. Bagi kebanyakan orang hal itu berlangsung hanya satu atau dua detik.

Tapi jika Anda merasa pusing selama beberapa menit dan terutama jika Anda lebih muda dari usia 55 tahun maka hal itu disebabkan masalah aliran darah. Orang yang mengalami pusing berkepanjangan adalah 54 persen lebih mungkin mengalami gagal jantung di kemudian hari.

4. Daun telinga berkerut

Studi Penn bukan yang pertama untuk menghubungkan lipatan daun telinga dengan masalah jantung. Kadang-kadang disebut sebagai Sign Frank setelah peneliti menemukan lobus lipatan khas yang mungkin menandakan penyumbatan arteri dan telah lama dikaitkan dengan gangguan jantung.***

Editor:ridwan iskandar
Sumber:jpnn.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww