Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Toksoplasma Bisa Disembuhkan, Asalkan . . . .

Toksoplasma Bisa Disembuhkan, Asalkan . . . .
(detikhealt)
Senin, 27 Juni 2016 11:18 WIB
JAKARTA - Ibu hamil sangat khawatir terinfeksi toksoplasma, karena bisa menyebabkan tidak berkembang. Namun, patut diingat dengan perawatan yang benar toksoplasma dapat disembuhkan.

Menurut drh Ooy Siti Komariah, ketua Asosiasi Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Indonesia (ADHPHKI), toksoplasma pada manusia hanya dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah.

"Sedangkan pada hewan dapat dilakukan pemeriksaan dengan nama tes toksoplasma. Saat pemeriksaan, hewan akan menghasilkan antibodi untuk melawan parasit toksoplasma," tutur drh Ooy kepada detikHealth.

drh Ooy menambahkan bahwa untuk mengatasi infeksi toksoplasma, biasanya pasien akan diberi obat oral berupa antibiotik. Obat itu umumnya perlu dikonsumsi dalam kurun waktu empat sampai enam minggu. Untuk menghindari terulangnya infeksi toksoplasma, drh Ooy mengingatkan pentingnya merawat hewan peliharaan dengan baik.

Ads
"Periksakan (hewan peliharaan) ke dokter dan yang terpenting jaga kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan," pesan drh Ooy untuk menghindari infeksi toksoplasma.

Terkait penyebaran toksoplasma, drh Olan Sebastian, MM, anggota Ikatan Alumni Kedokteran Hewan IPB, mengungkapkan bahwa parasit toksoplasma bisa menular melalui udara (air borne disease) dan masuk ke aliran darah.***
Editor : sanbas
Sumber : detikhealt
Kategori : SerbaSerbi
www www