Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Jangan Lewatkan Malam Lailatul Qadar, Ini Tanda-tandanya...

Jangan Lewatkan Malam Lailatul Qadar, Ini Tanda-tandanya...
ilustrasi
Senin, 27 Juni 2016 14:14 WIB

RAMADAN 1437 H sudah memasuki tahapan ketiga atau fase akhirnya. Ramadhan merupakan penghulu bulan, memiliki kesucian  dan memiliki sejumlah keistimewaan.

Seperti diketahui dari banyak periwayatan, di malam ke-20 atau sepuluh malam terakhir Ramadan, akan ada malam seribu bulan atau yang dikenal Malam Lailatul Qadar.

Diyakini oleh umat muslim sedunia, malam seribu bulan adalah malam yang penuh berkah. Tentunya hanya orang Islam yang beriman dan taat yang bakal mendapatkannya.

Cuma sebagai insan tak ada yang tahu kapan akan turunnya malam penuh berkah itu. Karena semuanya rahasia Allah sang pencipta jagat raya.

Ads
Beruntung berbagai riwayat menyebutkan sejumlah tanda-tanda turunnya Malam Lailatul Qadar. Berikut 6 tanda-tandanya.

1. Malam Lailatul Qadar berada di 10 malam terakhir Ramadhan

Rasulullah SAW tidak menyebutkan secara khusus, kapan Lailatul Qadar tiba. Meskipun demikian, beliau memberikan panduan agar umat Islam mencari malam tersebut pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sabda Rasul, “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (H.R Bukhari).

2. Malam Lailatul Qadar ada pada malam-malam ganjil

Merujuk pada sabda Rasulullah SAW itu, banyak yang meyakini bahwa malam Lailatul Qadar akan terjadi pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan, yaitu pada malam 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadhan. Namun lagi-lagi, malam Laliatul Qadar merupakan rahasia Allah SWT bagi umatnya yang taat dan bersungguh-sungguh mendapatkan limpahan rahmat-Nya di bulan suci.

3. Malam Lailatul Qadar adalah yang indah

Rasulullah saw. bersabda, “(Malam) Lailatul Qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin.”

4. Setelah Malam Lailatul Qadar, matahari tanpa sinar

Dari Abi bin Ka’ab, disebutkan bahwa Rasulullan SAW bersabda bahwa; “Subuh hari dari malam Lailatul Qadar matahari terbt tanpa sinar, seolah-lah mirip bejana hingga mata hari nai.” (HR. Muslim)

5. Malaikat menurunkan ketenangan

Malam Lailatul Qadar penuh berkah dan hidayah. Pada malam ini, para Malaikat menurunkan ketenangan sehingga para ummat manusia yang beribadah malam itu mendapatkan ketenangan, keteduhan dan kenikmatan dalam beribadah.

6. Terbawa mimpi

Umat Islam bisa saja mendapatkan Lailatul Qadar melalui mimpi, seperti yang dialami Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya. Jika bermimpi melihat malam Lailatul Qadar dan hati merasa tentram dan tenang, Insya Allah mimpi itu adalah pertanda datangnya malam Lailatul Qadar.***

Editor : Ridwan Iskandar
Sumber : pojoksatu.id
Kategori : SerbaSerbi
www www