Serab Serbi Ramadan

Yuk Jaga Kesehatan Selama Puasa dengan Makanan & Minuman Ini

Yuk Jaga Kesehatan Selama Puasa dengan Makanan & Minuman Ini
Ilustrasi
Selasa, 14 Juni 2016 10:24 WIB
Begitu banyak manfaat yang bisa kita petik dari puasa. Makanya rugi banget kalau disaat puasa, justru kita malah terbaring lemas karena sakit. Nah, agar anda bisa tetap sehat dan bugar selama menjalankan puasa, sebaiknya konsumsilah beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini.Buah-buahan

Ada banyak sekali buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa, seperti jeruk, apel, alpukat, melon, semangka, pisang, kurma dan lainnya. Menurut dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, buah tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh agar zat-zat yang hilang selama berpuasa bisa diganti.

loading...
Sayuran

Ads
Sama dengan buah, sayuran segar yang juga mengandung banyak serat, vitamin dan mineral merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama berpuasa, terutama saat makan sahur. Kandungan nutrisi dalam sayuran pun akan membuat tubuh anda tetap segar sepanjang hari walaupun menjalankan ibadah puasa.

Kacang-kacangan

Seporsi kacang-kacangan (kacang merah dan buncis) mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak tak jenuh. Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan bisa menjaga stamina dalam tubuh sehingga rasa lapar bisa dikurangi. Menurut ahli medis, Julie McGinnis,MS, RD, nutrisi pada kacang-kacangan juga mampu menjaga gula darah.

Ikan

Ketimbang ikan, banyak orang yang justru lebih memilih daging sebagai sumber protein pendamping kacang. Tapi tahukah anda kalau ikan justru punya keunggulan yang sulit ditemui dalam daging, seperti Asam Lemak Omega 3, yang efektif untuk menjaga otak anda tetap moncer selama berpuasa.

Susu

Banyak yang bilang jika susu merupakan sumber makanan terbaik bagi tubuh. Selain kaya akan vitamin, zat besi, protein dan kalsium, susu pun mengandung zat gizi lainnya yang efektif membuat tubuh selalu segar sepanjang hari, membuat anda tetap fokus dan berbagai manfaat lainnya. Tapi ingat, pastikan anda mengonsumsi jenis susu murni tanpa gula tambahan.

Perlu anda ketahui, kurangnya asupan makanan ataupun minuman saat puasa membuat asupan oksigen ke otak berkurang. Hal ini yang membuat badan kita cenderung lemas dan sulit berkonsentrasi selama berpuasa dan tentunya dapat mengganggu aktivitas kita setiap hari.

Editor:Arif
Sumber:Mausehat
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww