Dahsyatnya Malam Lailatul Qadar, Bisa Menghapus Dosa Manusia

Dahsyatnya Malam Lailatul Qadar, Bisa Menghapus Dosa Manusia
ilustrasi
Selasa, 14 Juni 2016 20:30 WIB
MALAM Lailatul Qadar sering disebut dengan malam seribu bulan. Islam menerangkan bahwa Allah akan memberikan dan keutamaan yang sangat besar pada malam itu. Allah akan mengabulkan segala permintaan umatnya apabila berdoa dan sembahyang pada malam Lailatul Qadar.Seperti sabda Rasulullah, "Barang siapa yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan penuh iman dan muhasabah, dosanya yang telah lalu akan diampuni,".

Malam Lailatul Qadar memiliki berkah keutamaan dari Allah. Malam tersebut, malam yang lebih baik dari pada malam seribu bulan. Di malam itu, malaikat Jibril akan turun ke bumi. Berkah malam Lailatul Qadar berlangsung hingga terbit fajar dan segala dosa yang telah dilakukan akan diampuni oleh Allah.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Qadr ayat 97:3, "Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan". (QS Al-Qadr 97:3).

Ads
Makna dari seribu di dalam surat Al-Qadr ialah banyak (tidak dibatasi). Sehingga Allah menyebutnya seribu bulan. Semalam dari Lailatul Qadar lebih baik dari pada malam-malam biasanya.

Malam tersebut menjadi berkah karena Allah menurunkan kitab suci Alquran kepada Nabi Muhammad, melalui malaikat Jibril pada bulan Ramadan. Maka hal ini lah disebut sebagai malam yang paling berkah dari seribu bulan.

Hadist riwayat Al-Bukhari, Rasulullah menjelaskan bahwa ampunan dosa akan diberikan oleh Allah kepada umatnya yang menghidupkan Lailatul Qadar, bukan yang melewatkan malam Lailatul Qadar.

Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda, "Ramadan telah datang kepada kalian, bulan penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian berpuasa. Pintu-pintu langit akan dibuka, pintu-pintu neraka akan dikunci, dan setan-setan akan dibelenggu oleh Allah. Di dalamnya ada sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang telah diharamkan (untuk meraih malam tersebut) berarti dai telah diharamkan (dari semua kebaikan)". (Hadist Riwayat Al-Nasa'i)

Keutamaan kedua pada malam Lailatul Qadar yaitu malaikat Jibril akan turun ke bumi pada saat malam Lailatul Qadar. Allah berfirman "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan" (QS Al-Qadr 97:4).

Dalam banyak ayat, Allah menerangkan bahwa jika malaikat turun mereka akan membawa berkah bagi orang-orang yang beriman. Dan akan memberi azab bagi orang-orang yang berdosa. Dan turunnya para malaikat pada malam Lailatul Qadar merupakan salah satu berkah yang diberikan oleh Allah kepada orang-orang yang beriman.***

Editor:Ridwan Iskandar
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww