JAKARTA- Mantan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati kembali masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Sri Mulyani menduduki peringkat ke-37 di daftar bergengsi itu.

Seperti yang dilansir majalah Forbes, Senin (6/6/2016), Sri Mulyani berada di peringkat ke-37. Sri Mulyani dianggap berjasa dan berperan besar dalam perekonomian dunia.

Majalah Forbes menjelaskan, sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani bertugas menyatukan ide-ide terbaik dari 188 negara anggota Bank Dunia. Lembaga ini bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan menggalakkan kesejahteraan sebuah negara.

Dalam sebuah makalahnya baru-baru ini, Sri Mulyani menyoroti soal kesenjangan antar gender. Mantan Menko Perekonomian ini menulis bahwa secara global, partisipasi perempuan dalam pekerjaan telah mengalami penurunan. Wanita 50% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki pekerjaan penuh waktu.

Berdasarkan studi global, Sri Mulyani juga mencatat bahwa ketika perempuan masuk dalam kepemimpinan sebuah perusahaan, mereka cenderung akan terlibat dalam skandal atau penipuan.

Sebelumnya, di tahun 2015 Sri Mulyani menduduki peringkat ke-31 di daftar bergengsi itu. Sri Mulyani dinilai memiliki posisi penting sebagai wanita paling senior di Bank Dunia. Sri Mulyani bergabung ke Bank Dunia sejak 2010. ***