Ingat, 8 Makanan Ini Pemicu Migrain

Ingat, 8 Makanan Ini Pemicu Migrain
Ilustrasi. (lp6c)
Selasa, 07 Juni 2016 10:17 WIB
JAKARTA - Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan jenis sakit kepala yang diderita banyak orang. Pada masing-masing penderita, penyebab migrain tidak selalu sama. Mengetahui jenis-jenis makanan penyebabnya bisa membantu kita menghindari penyakit migrain tersebut.

Berikut ini delapan jenis makanan yang bisa memicu migrain, seperti dikutip dari laman Sheknows, Selasa (7/6/2016):

1. Keju lama, acar, dan makanan yang difermentasi

Kandungan tyramine tinggi bisa ditemukan dalam ketiga jenis makanan ini, terutama pada makanan lama dan difermentasi.

Ads
2. Alkohol dan red wine

Minuman beralkohol jenis apa pun bisa memicu migrain, tapi red wine dan dark liquor adalah yang paling sering memicu kondisi tersebut karena kandungan tyramine-nya tinggi. Zat tersebut juga bisa ditemukan pada bir. Selain itu, alkohol menyebabkan dehidrasi yang berujung pada sakit kepala.

3. Pemanis buatan

Aspartame adalah jenis pemanis buatan--menggantikan fungsi gula--yang biasa ditemukan dalam minuman diet dan hidangan penutup rendah kalori. Jika Anda mudah migrain, hindari mengonsumsi pemanis buatan.

4. Cokelat

Cokelat juga mengandung tyramine. Entah karena wanita cenderung mengudapnya ketika stres dan mengalami perubahan hormon, yang pasti kandungan tyramine dalam cokelat memicu migrain.

5. Buah jenis sitrus

Mungkin terdengar aneh, sitrus memicu migrain. Tapi beberapa laporan menyatakan, sitrus memicu munculnya keluhan kesehatan ini.

6. Makanan cepat saji dan hotdog

Monosodium glutamat (MSG), sulfit, dan nitrat adalah zat aditif makanan yang umum digunakan untuk meracik makanan cepat saji dan diketahui sebagai pemicu migrain. Bumbu penyedap, kaldu dan sup kalengan juga tinggi akan zat aditif ini.

7. Kacang-kacangan dan selai kacang

Meski merupakan sumber protein, kacang-kacangan dan selai kacang juga tinggi kandungan tyramine. Jika tyramine merupakan pemicu migrain Anda, pastikan untuk menghindari asupan legume dan selai kacang.

8. Makanan asin

Sodium merupakan mineral esensial bagi tubuh untuk bertahan. Tapi sebagian besar dari kita mengasupnya lebih dari yang dibutuhkan tubuh. Makanan kemasan umumnya kaya sodium serta zat aditif lainnya yang memicu migrain.***
Editor:sanbas
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww