JAKARTA - Semua orang menikmati momen berpelukan dengan pasangannya karena memunculkan perasaan hangat dan menenangkan. Ternyata pelukan juga memberikan manfaat kesehatan yang mengejukan.

Menurut terapis seks, Madeleine Castellanos, M.D, berpelukan dengan pasangan akan memberikan manfaat besar, baik secara fisik maupun emosional. Dikutip dari Fox News, berikut manfaat kesehatan yang mengejutkan dari berpelukan dengan pasangan.

1. Menenangkan

Mungkin Anda pernah mendengar bila hormon kecil yang disebut oksitosin dapat membantu mengurangi kecemasan dan menghasilakan perasaan nyaman. Hormon tersebut dilepaskan saat berpelukan.

"Inilah yang menjadi salah satu cara alami ibu untuk menenangkan anak-anak mereka. Sehingga, cara ini juga dapat dilakukan dengan pasangan agar menghasilkan perasaan tenang untuk hubungan. Tidak hanya itu, pelukan juga membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, bahkan menurunkan sensasi rasa sakit," kata Castellaonos.

2. Menjadi lebih dekat

Berkat oksitosin yang meningkat saat Anda berada di dekat pasangan Anda, secara otomatis Anda akan merasa lebih dekat secara emosional satu sama lain.

"Tapi perasaan kedekataan itu terjadi karena oksitosin sehingga menghasilkan kepercayaan antara Anda dan pasangan," kata Castellanos.

3. Lebih terbuka dengan pasangan

Berpelukan tidak harus menjadi suatu hal yang harus dirahasiakan. Bahkan, dengan pelukan Anda dapat memberikan kesempatan untuk berbicara dan berbagi hal-hal yang lebih mendalam.

Berbicara secara umum akan membawa Anda menjadi lebih dekat dengan pasangan, namun melakukannya saat berpelukan satu sama lain akan membawa Anda lebih dekat. Hal tersebut dikarenakan, saat berpelukan Anda menjadi lebih rapuh dan menjadi lebih terbuka satu sama lain.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ternyata memeluk hampir sama baik dengan vitamin atau berolahraga setiap hari. Berpelukkan akan membantu Anda menjadi rileks karena mampu menurunkan kadar hormon stres kortisol yang mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh.

"Dengan berpelukkan dapat memerangi efek dari stres, akan membantu fungsi kekebalan tubuh, dan juga bisa membantu mencegah Anda terkena pilek" kata Castellanos. ***