JAKARTA - Tahun 2015 dilalui artis Angel Karamoy dengan cukup berat, apalagi rumah tangganya dengan Steven Rumangkang juga tengah berada dalam prahara. Angel bahkan tidak pulang selama berbulan-bulan dan tinggal jauh dari anaknya.

Kehidupan pribadinya semakin menjadi sorotan ketika foto mesranya dengan Pasha Ungu beredar luas. Angel pun memilih bungkam dan selalu memilih kabur dari kejaran wartawan.

Setelah sekian lama bungkam Angel akhirnya angkat bicara. Baginya rumah tangga adalah masalah pribadi antara dirinya dan sang suami Steve Rumangkang. Kakak Kezia Karamoy itu ingin masalah rumah tangganya diselesaikan oleh mereka berdua.

"Ini masalah pribadi saya dan suami. Saya mau antara saya dan dia (Steve), berdua aja selesaikan nanti (takutnya) semakin runyam," ujar Angel di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (4/1).

Dia tahu banyak yang memintanya untuk mengklarifikasi masalah ini, Angel memilih untuk tak mau membahasnya. Ini karena ia tak ingin menimbulkan masalah baru dan membuat keadaan malah menjadi rumit.

"Saya yakin apa yang kita tanam itu yang kita tuai. Kenapa saya bungkam? Banyak yang bilang: 'Lu harus klarifikasi'. Enggak perlu. Sekarang mau menyelesaikan masalah. Bukan nambah masalah," tegas Angel.

Angel juga merasa sedih karena cukup lama tak bertemu buah hatinya Lovely Maria Rumangkang dan Junio McKenzie Rumangkang. Keduanya kini tinggal bersama sang ayah.

"Ya paling berat lah (enggak sama anak-anak). Sudah mohon doanya saja," ujar Angel.

Pada pergantian tahun kemarin, Angel sendiri sangat berhasrat untuk mengajak anak-anaknya keluar bersama. Sayang karena beberapa alasan, sang ayah tidak memberi izin.

"Tahun baru minta ketemuan (sama anak-anak), tapi Papa anak-anak bilangnya nggak bisa karena ada acara keluarga. Saya mengalah aja, biar bagaimanapun saya perempuan jadi mengalah aja. Udah ucapin tahun baru di telepon ke anak-anak. Mereka (anak-anak) tau saya sayang mereka," sambungnya.

Setelah tahun berganti, Angel kini cuma ingin fokus untuk menata kembali kehidupannya yang berantakan. "(Harapan) Cepet selesai (masalahnya) itu aja. Saya juga bingung karena komunikasi juga sulit. Saya berharap 2016 ada terbuka antara saya dengan mereka. Saya pengen cepat ketemu dan cepat clear," jelasnya.

Menghadapi semua masalah tersebut, Angel mengaku lebih banyak beribadah. "Salah satunya ibadah aja yang lebih memungkinkan. Yang ngerti kita kan yang di atas (Tuhan). Karena mereka (orang-orang) hanya bisa melihat luarnya, tapi tidak tau dalamnya yang saya rasakan," tutur Angel.

Perayaan Natal tahun ini harus dijalani oleh Angel jauh dari suami dan anak-anaknya. Begitu juga di tahun baru, ia mengaku merayakan sendirian. "Tahun baru cuma di rumah aja. Di kamar, ibadah sendiri aja," ungkapnya.

Walau menghadapi begitu banyak masalah pribadi, Angel Karamoy tidak kehilangan harapan. Di tahun 2016 ini, ia berdoa agar segala masalah yang dihadapinya bisa selesai dengan baik.

"Saya berharap semoga kejadian di tahun 2015 bisa bawa satu pelajaran. Selesaikan apa yang tidak terselesaikan dengan cara baik-baik. Menerima segala sesuatu. Banyak support dari keluarga dan sahabat yang betul-betul mengenal aku dan tau segalanya tentang aku," tandasnya.***