JENGKOL memilik bau yang cukup menyengat, tapi jengkol memiliki banyak penggemar di tanah air. Sekarang ini jengkol tak hanya dimasak menjadi lauk pauk saja, tetapi sudah banyak sekali bermunculan camilan enak yang berasal dari jengkol, sebut saja kerupuk jengkol.

Jengkol sudah masuk dalam makanan favorit penduduk di Indonesia. Dan tak kalah pentingnya, jengkol ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Khasiat jengkol ini muncul dari kandungan-kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Apa sajakah itu?

1. Pembentukan jaringan tubuh

Pembentukan jaringan akan berjalan dengan lancar apabila tubuh mendapatkan asupan protein yang cukup. Ternyata kandungan protein yang ada di dalam jengkol terbilang lebih tinggi dari pada di dalam kacang hijau dan kacang kedelai. Kandungan protein tersebut cukup ideal untuk membentuk masa otot bagi Anda yang suka berolahraga.

2. Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit yang muncul disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah itu sendiri dapat muncul disebabkan salah satunya karena tubuh tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup. Untuk mencukupinya, Anda bisa memperbanyak konsumsi jengkol. Makanan satu ini mengandung zat besi yang cukup untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

3. Mencegah tulang keropos dan memperkuat gigi

Khasiat jengkol selanjutnya adalah mampu mencegah tulang keropos dan memperkuat gi. Manfaat ini muncul disebabkan karena jengkol mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Bahkan dengan konsumsi jengkol secara rutin, tinggi badan Anda akan meningkat dratis khususnya bagi yang masih berumur di bawah 20 tahunan.

4. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas sangat tidak baik bagi kesehatan. Efek buruk dari radikal bebas tersebut antara lain dapat mengakibatkan kanker, penuaan dini, tumor, dan penyakit berbahaya lainnya. Dengan konsumsi jengkol rutin, radikal bebas tersebut bisa dicegah secara optimal. Jengkol mengandung senyawa vitamin A, B, dan C yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

5. Melancarkan BAB (sembelit)

Apakah Anda sering menderita susah BAB atau sembelit? Atasi masalah tersebut dengan konsumsi jengkol secara rutin. Jengkol memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk melancarkan BAB dan memelihara sistem pencernaan dengan lebih baik. Bahkan konsumsi jengkol secara rutin juga berkhasiat untuk merampingkan perut buncit yang Anda alami.

6. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat makan jengkol berikutnya adalah mampu menurunkan kadar gula darah tinggi. Bagi penderita diabetes, jengkol merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan agar dikonsumsi secara rutin. Mengingat jengkol sendiri mengandung senyawa bersifat diuretik yang notabenya cukup baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

7. Mencegah bayi lahir cacat

Pada dasarnya ibu hamil sangat memerlukan asupan asam folat yang tinggi. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan tumbuh kembang janin dalam kandungan, terutama perkembangan otaknya. Selain dari susu, Anda bisa mendapatkan asupan asam folat tersebut dari konsumsi jengkol secara rutin setiap harinya.

8. Melancarkan sistem peredaran darah

Jengkol ternyata juga mengandung senyawa mineral kalium cukup tinggi. Menurut penelitian, kandungan kalium mampu melarutkan kolesterol dan plak jahat yang ada dalam pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah pun akan berjalan lebih lancar dan terhindar dari penyempitan apalagi penyumbatan. Apabila kondisi semacam ini berjalan cukup lama, maka akan sangat efektif untuk menjaga kesehatan organ jantung kita.

9. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan antioksidan dalam jengkol sangatlah tinggi. Seperti kita ketahui bersama, kandungan antioksidan cukup bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab munculnya penyakit. Apabila dikonsumsi secara rutin, maka kandungan antioksidan tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem imun/kekebalan tubuh kita.

Penting !!! Efek Samping Makan Jengkol

Jengkol memiliki kandungan yang bersifat diuretik. Kandungan inilah yang dapat membuat organ ginjal kesulitan dalam menyaring darah dan kotoran. Maka dari itu, hindari konsumsi jengkol berlebihan bagi Anda penderita batu ginjal. Selain itu, membatasi konsumsi jengkol juga sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit batu ginjal. (***)