7 Barang yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Naik Bus

7 Barang yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Naik Bus
Selasa, 18 Juni 2019 10:02 WIB
Perjalanan darat selalu jadi andalan untuk kunjungan domestik jarak dekat. Kalau hanya perjalanan antarkota, moda transportasi umum yang paling praktis dan murah adalah bus. Alternatif transportasi ini paling praktis dan cepat, tinggalbeli tiket bus primajasa yang sudah bisa dibeli lewat Traveloka, datang ke terminal, langsung berangkat deh.

 

Nah, kamu bisa saja pergi sendiri, bareng teman, atau bersama keluarga. Meski hanya menempuh perjalanan yang jaraknya relatif dekat, pastikan kamu menyiapkan barang-barang berikut ini agar perjalanan dengan menggunakan bus lebih nyaman.

1. Uang Tunai

Memang sih, saat ini berbagai transaksi di Indonesia sudah banyak yang menggunakan sistem pembayaran cashless. Namun, kamu harus mengantisipasi adanya keadaan darurat sehingga harus bayar dengan uang tunai. Kalau sedang berhenti di tempat istirahat dan ATMnya antre, kamu tetap bisa beli makanan untuk mengisi perut yang sudah lapar. Jadi, waktu istirahat kamu tidak akan habis hanya untuk antre mengambil uang di ATM.

2. Obat-obatan Pribadi

Tidak hanya naik bus, membawa obat-obatan pribadi sangat penting untuk dibawa saat sedang dalam perjalanan. Nah, kalau perjalanan darat naik bus, setidaknya kamu membawa obat antimabok, minyak telon atau minyak kayu putih, atau koyo untuk berjaga-jaga jika terjebak di tengah kemacetan. Jika punya alergi atau penyakit yang masih suka kambuh, jangan lupa juga bawa obatnya.

3. Air Minum dan Camilan

Jangan sampai kamu dehidrasi di perjalanan, siapkan air minum yang cukup, setidaknya sampai setiap kamu berhenti di tempat istirahat. Selain itu, bawa camilan seperti dark chocolate, roti isi, atau snackbar yang bisa dimakan untuk menahan lapar. Meski kamu tidak pernah terjebak kemacetan dan perjalanan daratmu terhitung cepat, jangan menganggap remeh ya. Jika sedang apes terjebak macet, kamu tetap bisa makan dan minum tanpa harus membeli.

4. Powerbank

Tidak ketinggalan, kamu juga harus tetap menjaga gadget agar tetap menyala sepanjang perjalanan. Ya, hitung-hitung untuk hiburan kalau pergi sendirian. Jika menyala terus, kamu pasti perlu powerbank untuk mengisi daya HP kamu. Jangan sampai mati gaya karena HP kamu mati dan tidak bisa digunakan.

5. Bantal Leher

Meski jarak perjalanan yang kamu tempuh cukup dekat, mungkin kamu akan tertidur di tengah-tengah perjalanan. Kamu bisa membawa bantal leher agar bisa mengistirahatkan sandaran kamu tanpa harus menyenggol penumpang yang duduk di sebelah. Kalau sampai tertidur dan bersandar ke orang yang tidak dikenal, malu ‘kan?

6. Jaket

Kebanyakan orang mungkin menempuh perjalanan darat menggunakan bus dari atau ke Jakarta, lalu tidak merasa harus bawa jaket karena udaranya panas. Namun, kamu sebaiknya tidak mengesampingkan hal ini. Bus antarkota seperti Primajasa pasti menggunakan AC, kalau terlalu malam dan udaranya jadi dingin, kamu harus menggunakan jaket agar tidak masuk angin.

7. Headset

Buat kamu yang malas basa-basi dengan penumpang di sebelah, headset bisa jadi solusi yang pintar untuk digunakan selama perjalanan. Kamu jadi tidak perlu membuka obrolan dan bisa istirahat selama perjalanan sambil mendengar musik favorit. Kalau kamu pergi dengan teman dan ditinggal tidur, kamu tidak akan mati gaya karena bisa tetap nonton film atau dengar musik tanpa harus mengganggu penumpang lain dengan suara speaker dari HP.

Nah, bagi kamu yang ingin memilih moda transportasi bus, siapkanlah beberapa hal tadi untuk membuat perjalanan lebih nyaman. Agar lebih mudah, simpan barang-barang tadi di dalam tote bag atau tempat lain yang mudah dijangkau ya.

Ads
Editor:Sisie
Kategori:Ragam
wwwwww