Tuban merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur, dan kerap dikunjungi para pelancong domestik. Walaupun belum banyak wisatawan mancanegara yang menikmati keindahan Tuban, yang perlu Anda ketahui ialah Tuban menyimpan banyak sekali wisata yang sangat eksotis, dan salah satu wisata tersebut ialah destinasi wisata alamnya.

Berbicara wisata alam, tentu Anda wajib mengunjungi destinasi alam di Tuban setidaknya sekali dalam hidup Anda. Keindahan yang disajikan oleh destinasi alam Tuban tidak akan pernah membuat Anda kecewa bahkan Anda ingin menyambanginya kembali. Setelah membaca artikel ini, pesanlah tiket travel Joglosemar dan siapkan waktu liburan Anda.

Air Terjun Nglirip

Air terjun ini menyajikan keindahan dan kecantikan yang luar biasa. Tempat yang kerap dikenal dengan nama Grajagan Nglirip ini berada di ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki lebar sekitar 28 m. Pada bagian belakang air terjun ini terdapat sebuah goa yang berukuran cukup besar. Aliran air terjun tersebut berasal dari Hutan Krawak. Lokasi objek wisata alam ini terletak di Desa Mulyoagung, Singgahan. Tempat ini lokasinya sangat strategis dan dekat dengan jalan utama. Sebuah keindahan yang tidak akan mungkin Anda lewatkan, dan jangan lupa untuk mengabadikan momen di air terjun ini. 

Pantai Kelapa

Diberi nama Pantai Kelapa tersebut karena penuh oleh tanaman kelapa yang asri dan subur. Pantai ini terletak di Desa Panyuran, Palang atau sekitar 6 km dari pusat kota. Pantai yang juga sering disebut dengan Pantai Panyuran ini sangat cocok untuk bersantai atau melihat kegiatan para petani rumput laut dan nelayan. Anda Anda berjumpa dengan para nelayan yang pulang dari melaut, Anda juga dapat membeli hasil tangkapannya seperti ikan laut dan kepiting.

Goa Ngerong

Selain objek wisata alam berupa pantai, Tuban juga memiliki objek wisata alam berupa goa, salah satu tempat wisata di Tuban yang berupa goa adalah Goa Ngerong. Destinasi ini berada di kaki bukit kapur dan memiliki kedalaman sekitar 1,8 km. Biasanya goa ini banyak dikunjungi saat musim libur sekolah atau saat akhir pekan. Anda Anda menyukai wisata goa, destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Desa Rengel, Tuban. Di sana wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan goa dari luar tetapi juga boleh masuk ke dalam goa menggunakan perahu karet. Memiliki air yang jernih, pengunjung dapat melihat kura – kura putih dan aneka ikan kecil di dalam goa. Saat masuk ke goa sekitar 1 km, ada air terjun alami yang menawan.

Pemandian Bektiharjo

Ini adalah tempat wisata di Tuban yang sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air dan berenang dari mata air alami. Lokasi pemandian ini terletak di Bektiharjo, Semanding atau sekitar 6 km dari pusat kota Tuban. Di sana, ada 2 buah kolam yakni Sendang Wadon untuk wanita dan Sendang Lanang untuk laki – laki. Namun saat ini para pengunjung boleh berenang di kolam mana saja dengan bebas tanpa memandang gender. Saat ini Sendang Wadon menjadi kolam renang berstandar Nasional dan Sendang Lanang merupakan tempat untuk berendam dan bermain air. Pemandian ini juga sudah dilengkapi kolam anak dengan beberapa fasilitas permainan.

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh bupati pertama Tuban yang beragama Islam atau Bupati Tuban ke-7 yakni Adipati Raden Ario Tedjo. Masjid ini terletak di Jalan Bonang, Kutorejo. Masjid tersebut terdiri dari 3 lantai dengan 6 menara. Total luas bangunan masjid sekitar 3.565 meter persegi dan lahannya sekitar 5.246 meter persegi. Para wisatawan yang selesai beribadah di masjid ini biasanya akan melanjutkan perjalanan wisata dengan berziarah ke Makam Sunan Bonang yang berdekatan dengan masjid.

Goa Akbar

Salah satu destinasi alam yang patut Anda kunjungi di Tuban ialah goa, dan goa tersebut bernama Goa Akbar. Karena lokasinya berada di dekat pasar, maka suasana di sana cukup ramai. Goa ini dulunya adalah tempat tinggal Sunan Kalijogo. Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk penerangan. Para pengunjung dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit secara lebih jelas. Ada pula jalur yang sudah dibatasi dengan pagar sehingga pengunjung dapat lebih mudah menelusuri goa.