CHIANG RAIN - Setelah sepekan dinyatakan hilang di gua di Mae Sai, Chiang Rai, Thailand, nasib 12 remaja pemain sepakbola yunior dan pelatihnya belum juga diketahui.

Dikutip dari republika.co.id, para pencari mulai kehilangan harapan untuk bisa menemukan 12 remaja lelaki dan pelatih sepakbola mereka di kompleks gua yang terendam banjir di bagian utara Thailand itu.

Mereka telah gagal mendapatkan tanda-tanda kelompok itu ditemukan selamat. Para penyelam dari satuan SEAL elit Angkatan laut Thailand mencari di dalam air keruh yang mengisi lintasan-lintasan gua Tham Lang sepajang 10 kilomter. Usaha pertolongan yang gagal itu membuat harapan makin memudar.

Bahkan tim-tim internasional, termasuk 30 personel militer Amerika Serikat, telah bergabung dalam usaha pencarian kelompok sepakbola yunior yang hilang pada Sabtu lalu. Usaha pencarian juga terhalang oleh hujan lebat.

Para penyelam masih memiliki cara melalui titik penyelamatan, yang disebut Pantai Pattaya, merujuk kepada destinasi pariwisata paling terkenal di Thailand.

''Jarak yang masih kita bisa tempuh barangkali dua hingga tiga kilometer,'' kata Narongsak Osottanakorn, gubernur Provinsi Chiang Rai, kepada wartawan.

Sementara itu, tim pencarian dari kepolisian telah memasuki gua dari permukaan. Mereka mengebor lubang sepanjang 50 meter dari sisi gunung. Kotak-kotak berisi makanan, air dan lampu telah disiapkan pada Jumat tetapi hingga Sabtu lubang itu belum cukup bagi para penolong diturunkan ke dalam gua itu.***