Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Tak hanya di Pulau Jawa, luar Jawa juga mendapat bagian, mulai dari jalan, pelabuhan, bandara hingga jembatan. Beberapa jembatan bahkan dibangun dengan panjang lebih dari 500 meter, salah satunya adalah Jembatan Holtekamp sepanjang 732 meter yang terletak di Jayapura, Papua.


Berdasarkan informasi yang dihimpun detikFinance dari data Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (6/7/2017), jembatan ini saat ini telah mencapai progres di atas 30%. Sejak dimulai pembangunannya pada Mei 2015, hingga Juli 2017 Jembatan Holtekamp telah mencapai progres 32,6% untuk kontrak anak dan 74,06% untuk kontrak induk.

Jembatan Holtekamp sendiri menjadi salah satu mega proyek infrastruktur yang dibangun di kawasan Timur Indonesia. Jembatan Holtekamp juga merupakan komponen penting dari jaringan jalan Trans Papua sepanjang 4.325 km.

Jembatan dengan panjang total 733 meter ini menghubungkan daerah Hamadi di Distrik Jayapura Selatan yang berada di sisi barat jembatan dan daerah Holtekamp di Distrik Muara Tami di sisi timur jembatan.

Keberadaan jembatan ini bisa mempersingkat waktu tempuh dari Kota Jaya Pura menuju Skow, Distrik Muara Tami yang merupakan perbatasan RI-Papua Nugini.

Jembatan ini dibangun dari dana APBN dan APBD dengan total anggaran mencapai Rp 1,6 triliun. Pengerjaan proyek jembatan terpanjang di Papua ini ditargetkan rampung pada Oktober 2018.