JAKARTA - Pada Ramadan ini, saham-saham perbankan diperkirakan akan mengalami kenaikan, lantaran masyarakat cenderung menahan konsumsi jelang Lebaran. Saham-saham perbankan besar pun cenderung mendapat keuntungan dari perputaran uang yang terjadi di bulan Ramadan.

Analis MNC Sekuritas Heldy Arifien mengatakan, saham-saham perbankan memang menarik untuk menjadi buruan, terutama saham perbankan big caps. Namun, ada juga saham perbankan lapis dua yang menarik untuk menjadi investasi.

Untuk saham-saham second liner, Heldy merekomendasikan sektor perbankan daerah yang kinerjanya cukup baik. Saham-saham ini dapat dijadikan pilihan bagi pelaku pasar untuk perdagangan selama Ramadan hingga lebaran.

“Yang bisa menjadi opsi trading lainnya, adalah bank daerah, bisa di-highlight PT Bank BPD Jawa Barat dan Banten (BJBR) dan Bank BPD Jawa Timur (BJTM),” kata dia di Jakarta.

Menurut Heldy, keuntungan Ramadan turut dirasakan sektor perbankan. Peningkatan transaksi baik tunai maupun nontunai selama Ramadan hingga lebaran, akan membawa keuntungan bagi sektor perbankan.

Dia pun merekomendasikan perbankan kapital bagi pelaku pasar yakni saham perbankan big four antara lain, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).