KAWASANKalioso yang terletak di jalan raya Solo-Purwodadi, merupakan perbatasan tiga kabupaten di Keresidenan Surakarta, yakni Karanganyar, Sragen, dan Boyolali. Karena letaknya strategis di utara Kota Solo, Kalioso menjadi pusat keramaian yang banyak dilintasi pengguna jalan dari berbagai wilayah. Di kawasan Kalioso, Anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner yang hadir dari pagi hingga malam hari. Mulai dari soto, bakso, mi ayam, satai, ayam goreng, hingga makanan khas angkringan bisa Anda nikmati di lokasi ini. Berikut daftar tempat makan di kawasan Kalioso.

1. Warung Bakso & Mie Ayam Anugerah Pak Bagong

Warung Bakso & Mie Ayam Anugerah Pak Bagong terletak di jalan raya Solo-Purwodadi Km 6,3 tepatnya di daerah Wonoharjo, Gondangrejo, Karanganyar. Warung ini buka pukul 08.30 WIB sampai 21.30 WIB.

Warung milik Sugino Bagong ini menyediakan bakso daging sapi asli dilengkapi pangsit dengan harga Rp15.000. Warung yang buka sejak tahun 1996 juga menyediakan mi ayam atau mi bakso.

Anwar, salah satu pegawai Warung Bakso Anugerah Pak Bagong, mengungkapkan pengunjung juga bisa menikmati aneka minuman seperti es teh, es jeruk, es teler, es campur, aneka jus, dan soft drink.

“Tersedia juga lauk seperti tahu, tempe, kerupuk, dan sosis siap makan,” kata dia.

2. Ayam & Bebek Goreng Kremes/Bakar Magito-Gito

Tempat memanjakan lidah kedua di Kalioso adalah Warung Ayam & Bebek Goreng Kremes/Bakar Magito-gito. Sesuai namanya, warung yang terletak di dekat gang masuk SMA Negeri Gondangrejo ini menawarkan olahan ayam dan bebek.

Warung makan milik Erita yang buka mulai pukul 07.00 pagi sampai 24.00 malam ini menyediakan ayam kampung utuh matang dengan harga Rp75.000, ayam potong (broiler) utuh matang Rp55.000, dan bebek utuh matang Rp70.000.

Selain itu tersedia pula ayam atau bebek potong yang dijual mulai Rp12.000 sampai Rp19.000 per potong. Marni, salah satu karyawan di Warung Ayam Goreng Magito-gito, menuturkan harga naik turun mengikuti harga pasar.

3. Wedangan Idola

Wedangan Idola terletak berseberangan dengan PT Mutu Gading Tekstil, tepatnya di Jl. Raya Solo-Purwodadi Km 11, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Erik, pemilik Wedangan Idola, menyebut tempat makan miliknya ini sebagai wedangan egaliter­­, karena semua kalangan bisa berkumpul untuk makan di wedangan ini tanpa membedakan derajat.

“Ada sejarah kenapa itu saya namakan Wedangan Idola. Idola itu singkatan dari kalau orang Jawa ada istilah Asma Kinarya Japa, termasuk wedangan idola mempunyai arti Insya Allah dodolan laris,” ujar Erik.

Erik menyediakan berbagai macam menu masakan tradisional jawa seperti sega bancakan, bakmi toprak, sega/jenang tumpang, sega pecel, lontong opor, garang asem, dan sop manten. Meskipun wedangan ini berkonsep jawa tradisional, tersedia pula nasi bungkus dengan harga Rp1.500 per bungkus. Sedangkan untuk seporsi sega bancakan yang disajikan komplit dengan telur, gereh, botok, bacem, mi, dan karak dihargai Rp8.000.

Tersedia pula berbagai macam sundukan (lauk yang disajikan dengan ditusuk seperti satai) yang dihargai mulai dari Rp2.000. Di Wedangan Idola, tersedia pula aneka makanan ringan seperti kolak, ketan, wedang asle, mega mendung, dan sebagainya.

Tempat makan yang buka mulai pukul 17.00 sampai jam 03.00 dini hari juga menyediakan gorengan panas, yakni baru digoreng setelah dipesan oleh pembeli.