UNTUK menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga saja tidak cukup. Anda perlu melakukan detoksifikasi racun dalam tubuh. Hal ini karena racun yang terakumulasi di dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Karena itu, detoksifikasi sangat penting, tetapi juga harus dengan cara yang alami untuk menghindari efek samping.

Nah, berikut makanan yang dapat membantu detoksifikasi racun di dalam tubuh secara alami seperti dilansir dari laman Boldsky:

1. Berry

Berry memiliki kapasitas untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah ini mengandung antioksidan yang melawan organisme berbahaya di dalam tubuh.

2. Biji chia

Biji chia membantu mencerna gula, mengendalikan kadar kolesterol dan membantu Anda merasa kenyang. Karenanya, biji chia termasuk salah satu makanan terbaik untuk membantu detoksifikasi.

3. Kaldu dari tulang

Kaldu dari tulang mengandung antioksidan yang memicu proses detoksifikasi, tanpa membuat tubuh terasa lelah. Kaldu dari tulang juga memasok tubuh dengan manfaat antiinflamasi, vitamin, mineral dan elektrolit.

4. Adas

Adas memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem pencernaan yang teriritasi. Adas memiliki sifat antibakteri alami yang bekerja dalam menyingkirkan penyakit dan infeksi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu makanan detoksifiaksi terbaik. Bawang putih merangsang hati untuk memproduksi enzim detoksifikasi yang akan menyaring residu beracun dari sistem pencernaan.

6. Kecambah brokoli

Kecambah brokoli adalah salah satu makanan terbaik untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Karena, kecambah brokoli mengandung antioksidan sangat tinggi yang merangsang enzim detoksifikasi pada tingkat sel.

7. Teh hijau

Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang membersihkan racun melalui kandungan cairnya. Teh hijau juga mengandung katekin yang diketahui dapat meningkatkan fungsi hati.

8. Biji dan kacang

Biji rami, biji wijen, biji labu dan kacang merupakan pilihan yang sangat baik untuk mendetoksifikasi tubuh. Jadi, sertakan jenis makanan ini dalam diet harian Anda.

9. Minyak omega 3

Rami, alpukat dan minyak biji wami adalah yang terbaik bila menyangkut detoksifikasi tubuh, dan melumasi dinding usus. Jadi, sertakan makanan kaya omega 3 dalam diet harian untuk detoksifikasi tubuh.

10. Buah bit

Bit diketahui dapat membersihkan darah dan mengembalikan energi tubuh. Buah nii memiliki kemampuan secara alami untuk mendetoksifikasi darah dan hati.