SERANGAN jantung rupanya tidak hanya menimpa orang tua saja. Kini, banyak yang masih usia muda sudah terkena penyakit ini. Sebelum terlambat, antisipasi sejak dini terjadinya serangan jantung pada diri Anda. Kebanyakan orang pada umumnya berpikir bahwa gejala utama serangan jantung adalah rasa nyeri di dada. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, para ilmuwan telah menemukan bahwa gejala serangan jantung tidak jelas dan bisa terjadi dalam beberapa cara, tergantung oleh beberapa faktor, seperti jenis kelamin, jenis serangan jantung yang dimiliki, dan faktor usia.

Penting untuk mengerti variasi gejala yang mengindikasikan serangan jantung, agar Anda bisa mendapatkan pertolongan yang tepat untuk diri Anda dan orang-orang yang disayangi.

Gejala awal serangan jantung

Semakin awal/cepat Anda mendapatkan pertolongan, semakin besar kesempatan Anda untuk pulih secara total. Sayangnya, banyak orang tidak segera mencari pertolongan meskipun mereka telah menduga ada sesuatu yang terjadi. Beberapa orang mungkin merasa malas melakukan pemeriksaan, karena mereka berpikir bahwa gejalanya ringan hanya sebatas mulas atau nyeri otot.

Dokter sangat menganjurkan untuk segera mencari pertolongan jika Anda mengalami gejala awal dari serangan jantung. Walaupun dugaan Anda salah, lebih baik melakukan beberapa tes daripada mengalami kerusakan jantung jangka panjang atau permasalahan kesehatan lainnya, karena Anda menunggu terlalu lama.

Gejala serangan jantung bervariasi pada setiap orang. Percayai diri Anda sendiri, karena Anda lebih mengenal tubuh Anda lebih dari siapapun. Jika Anda merasa ada yang salah pada tubuh Anda, jangan menundanya. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Menurut Society of Chest Pain Center, gejala awal serangan jantung terjadi pada 50% pasien dengan serangan jantung, dan jika gejala segera disadari, serangan jantung dapat dihindari. Gejala awal serangan jantung dapat meliputi:

• Nyeri ringan atau rasa tidak nyaman pada dada, yang datang dan pergi

• Nyeri pada pundak, leher dan rahang

• Mual dan muntah, berkeringat

• Pusing, pingsan