Masih ingat dengan telingan yang tumbuh di tangan? Beberapa bulan lalu, pakar rekonstruksi tubuh di China, dr Guo Shuzong membuat heboh dunia. Dia berambisi memberikan telinga baru seorang pasien korban kecelakaan. Caranya, Guo menumbuhkan telinga baru menggunakan kulit tangan si pasien dengan metode transplantasi. Dalam beberapa bulan, jaringan kulit itu tumbuh hingga membentuk daun telinga.

Dan kini, Guo berhasil menyelesaikan ambisinya. Telinga yang dia tanam telah terpasang di kepala si pasien.

Operasi pemasangan telinga itu berlangsung selama tujuh jam di sebuah rumah sakit pertama yang berafiliasi dengan Universitas Xi'an Jiaotong. Operasi itu dipimpin langsung oleh Guo pada Rabu kemarin.

Si pasien, diketahui bernama Ji, datang ke rumah sakit tahun lalu. Dia kehilangan daun telinga kanannya akibat kecelakaan lalu lintas.

Tidak mungkin menumbuhkan kembali telinga di kepala pasien karena bekas luka, Guo memakai cara lain. Dia mengambil tulang rawan di bagian rusuk pasien, mencetaknya dengan teknik 3D printing, lalu menanamnya di lengan kanan Ji.

Guo mengatakan operasi sebenarnya sempat menghadapi kendala karena sulitnya menemukan tempat yang tepat untuk mengimplan telinga yang memungkinkan adanya aliran darah.

Setelah operasi, Guo mendapati darah mengalir ke seluruh telinga, menandakan operasi berjalan sukses.

Untuk sementara, pasien akan tinggal di rumah sakit selama dua pekan lebih untuk kebutuhan observasi sebelum diizinkan pulang ke rumah.