Tips Tetap Tenang Saat Mendapat Masalah

Tips Tetap Tenang Saat Mendapat Masalah
Ilustrasi
Sabtu, 25 Maret 2017 08:44 WIB
Semua orang pasti pernah memiliki atau mendapatkan masalah. Berbagai macam masalah ini bisa berhubungan dengan kondisi pekerjaan, tekanan mental, masalah dalam keluarga maupun masalah hubungan personal.Setiap masalah bisa terjadi dalam semua kalangan umur, bahkan anak kecil bisa mendapatkan masalah. Namun salah satu cara yang membedakan sikap ketika menghadapi masalah adalah bagaimana ketenangan kita dalam menyelesaikan masalah. Semua sikap ini berhubungan dengan kemampuan pribadi dan ketenangan dalam berpikir.

Berikut ini adalah beberapa cara santai untuk menghadapi masalah.

1. Merenung.

Ketika Anda mendapat masalah dalam berbagai hal maka jangan mengambil tindakan secara langsung. Lebih baik jika Anda berdiam diri di kamar atau tempat yang tersembunyi. Setelah itu renungkan tentang masalah itu. Bahkan Anda juga bisa merenung sejenak untuk membiarkan perasaan tenang dan pikiran yang tidak tertekan.

2. Tentukan respon.

Respon menghadapi masalah memang sangat penting, tapi jangan sampai melakukan respon yang berlebihan. Terlebih jika masalah itu bisa memiliki dampak yang luas.

3. Pikirkan langkah yang tepat.

Pikirkan semua masalah dengan tenang. Anda bisa membiarkan aura negatif tentang masalah itu pergi dan hanya meninggalkan hal positif pada pikiran. Dengan cara ini maka Anda bisa mengambil langkah yang paling tepat dan tidak merugikan orang lain.

4. Tetap bernafas.

Ketika mendapat masalah maka semua hal dalam pikiran akan menjadi satu. Hal ini membentuk reaksi tubuh yang tidak terlalu baik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah atur nafas sehingga badan dan pikiran menjadi lebih santai. Tarik nafas ke dalam dan keluarkan dalam hitungan beberapa detik. Oksigen yang masuk ke aliran darah akan terbawa ke jantung dan otak sehingga Anda bisa merasa tenang.

5. Gunakan insting.

Jangan pernah meninggalkan akal ketika Anda sedang mendapat masalah. Banyak orang yang melakukan hal sembrono ketika mendapat masalah misalnya yang paling parah adalah mencoba bunuh diri. Tentu saja ini tindakan yang sangat merugikan, jadi tetap berpikir dengan akal yang sehat dan semua masalah pasti akan memiliki jalan keluar.

6. Pikirkan tidak terlalu serius.

Semua masalah memang serius dan harus ditangani, tapi cobalah untuk memikirkan masalah dengan santai dan tidak terlalu serius. Ketika kita berpikir santai dan tidak serius maka jalan keluar dari masalah akan bermunculan menjadi ide yang cerdas untuk keluar dari masalah.

7. Hal yang bisa membantu anda keluar dari masalah.

Pikirkan semua hal yang bisa membantu Anda keluar dari masalah. Jika Anda membutuhkan bantuan orang lain maka ungkapkan masalah Anda. Banyak orang yang memendam masalah mereka sendiri dan berakhir dengan depresi. Jadi, ajak siapa saja yang bisa berbagi dengan Anda.

8. Menghadapi masalah bukan menjadi petunjuk yang buruk dalam hidup.

Masalah akan membuat kita berpikir lebih dewasa. Ketika Anda berhasil keluar dari masalah dengan baik maka Anda akan merasa berhasil melewati batu yang sangat besar dalam hidup Anda.

loading...
Ads
Editor:Yovi Ansari
Sumber:Berbagai Sumber
Kategori:Ragam
wwwwww