Ternyata! Ini Penyebab Tubuh Lemas Setelah Bangun Tidur

Ternyata! Ini Penyebab Tubuh Lemas Setelah Bangun Tidur
Ilustrasi
Jum'at, 24 Maret 2017 12:08 WIB
Sebelum membahas mengenai penyebab tubuh lemas setelah bangun tidur, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa hal secara umum terlebih dahulu.Setelah bangun tidur di pagi hari, sebagian orang merasa tubuhnya menjadi lemas dan lunglai. Banyak juga yang menggunakan alarm untuk membangunkan, namun terkadang dimatikan kembali karena malas untuk bangun dan masih lunglai. Jika seharusnya setelah bangun tidur di pagi hari tubuh merasa lebih fresh, ini malah mata terasa berat. Hal tersebut tentu saja ada peyebabnya, dan ini penyebab tubuh lemas setelah bangun tidur yang perlu diketahui:

Kurangnya Sinar Matahari
Penyebab yang pertama bisa karena kurangnya sinar matahari pada kamar, hal tersebut membuat kamar menjadi pengap dan kurang cahaya. Jika ruangan gelap, maka nantinya ritme sirkadian akan sulit untuk membedakan antara siang dan juga malam, sehingga nantinya tubuh akan sulit untuk terbangun. Untuk solusinya sendiri adalah dengan menggunakan tirai yang mana menggunakan bahan yang bisa memblock sinar matahari agar bisa masuk ke dalam ruangan. Pastikan jika kamar tidur mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga nantinya dapat memberikan sinyal pada otak bahwa saatnya untuk bangun.
 
Jarang Berolahraga
Kemudian jarang berolahraga juga membuat pagi hari saat bangun tidur menjadi tidak fresh. Dan untuk solusinya sendiri adalah dengan menjalankan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga sendiri dapat meredakan stress dan juga dapat membangkitkan mood positif sehingga dapat menghasilkan tidur yang lebih berkualitas dan tenang. Beberapa jenis olahraga yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur sendiri adalah stretching atau yoga karena dapat menenangkan diri dan juga meningkatkan detak jantung.
 
Bermain Gadget Sampai Larut Malam
Bisa juga karena terlalu sering memainkan sosial media sampai larut malam. Sebagian besar orang tentu saja sulit untuk meninggalkan sosial media, terlebih lagi sekarang ini gadget sudah semakin canggih. Hampir dari semua orang memiliki akun sosial media seperti facebook, twitter, path, instagram, bbm dan yang lainnya. Dan jika sudah membuka sosial media tentu saja akan lupa akan semuanya sehingga dapat menurunkan kualitas tidur. Dan hal tersebut membuat orang menjadi lemas saat bangun tidur. Oleh karena itu untuk mengatasinya sendiri adalah dengan menjauhkan dan mematikan beberapa gadget dan alat elektronik lainnya. Hal tersebut akan membantu untuk meningkatkan kualitas tidur dan sebaiknya coba untuk membaca buku serta mandi air hangat.
 
Mengkonsumsi Daging Olahan Dan Bawang Sebelum Tidur
Lalu makan daging olahan dan juga bawang menjadi salah satu penyebabnya, hal tersebut karena beberapa makanan tersebut menghasilkan gas yang mana dapat membuat perut menjadi terasa tidak nyaman, sehingga nantinya akan sering bersendawa atau buang gas sepanjang malam. Keadaan seperti ini tentu saja membuat seseorang menjadi tidak nyaman karena perut yang tidak nyaman ditambah lagi beberapa masalah tersebut dan hal itu juga membuat tidur menjadi tidak nyaman serta kurang berkualitas
 
Terlalu Banyak Konsumsi Kafein
Kemudian terlalu banyak menkonsumsi kafein juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, kafein sendiri tidak hanya memicu mata untuk tetap terjaga, melainkan juga dapat menyebabkan heartburn atau bisa juga jantung terasa panas terbakar. Untuk solusinya sendiri adalah dengan menghindari konsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Hal tersebut bertujuan agar nantinya tidak akan mengganggu waktu tidur dan juga bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.
 
Terlalu Banyak Pikiran
Lalu bisa juga karena teralu banyak pikiran, pikiran memang terkadang membuat seseorang menjadi stress dan tidak nyaman dalam beristirahat. Oleh karena itu kualitas tidur menjadi kurang berkualitas dan bahkan karena saking stressnya, banyak orang yang bergadang memikirkan masalah tersebut. dan untuk solusinya sendiri adalah usahakan untuk membuang semua pikiran dan juga berbagai masalah yang sedang dihadapi sebelum tidur, dengan demikian tentu saja nantinya akan membantu untuk mengurangi pikiran karena dapat beristirahat dengan baik. Dengan melupakan sejenak masalah tersebut, pada pagi hari, setelah bangun tidur nantinya akan lebih fresh dan dapat berpikir bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.
 
Perlengkapan Tidur Kurang Nyaman
Dan yang terakhir bisa juga karena perlengkapan tidur yang tidak nyaman, misalnya saja baju yang dikenakan, kemudian kasur atau bantal yang digunakan. Hal tersebut terkadang membuat orang menjadi kurang nyaman dalam beristirahat, mungkin karena beberapa hal seperti kasur, bantal atau guling yang keras, kemudian bisa juga karena kebersihan perlengkapan tidur yang kurang terjaga dan yang lainnya. Untuk solusinya sendiri adalah memperhatikan kebersihan dan kenyamanan dari perlengkapan tidur itu sendiri. Terutama untuk bantal, bantal sendiri berfungsi untuk membuat kepala menjadi lebih nyaman saat tidur, usahakan bantal selalu terjaga kebersihannya dan juga jangan menggunakan bantal yang keras karena nantinya leher akan terganggu. jika leher terganggu, maka nantinya akan mengganggu aktivitas. Jadi ini penyebab tubuh lemas setelah bangun tidur.
Ads
Editor:Yovi Ansari
Sumber:Berbagai Sumber
Kategori:Ragam
wwwwww