Benarkah Rokok Elektrik Bisa Sebabkan Anak Terkena Pneumonia?

Benarkah Rokok Elektrik Bisa Sebabkan Anak Terkena Pneumonia?
Ilustrasi
Sabtu, 11 Maret 2017 08:45 WIB
ROKOK merupakan satu pemicu munculnya virus pneumonia pada anak. Lantas, bagaimanakah dengan paparan rokok elektrik yang digadang-gadang lebih baik?Dijelaskan Spesialis Anak dr Nastiti Kaswandani SpA(K), berbagai macam polusi udara, termasuk rokok dapat memicu timbulnya virus pneumokokus. Anda akan mengalami pneumonia, apalagi jika sistem kekebalan tubuhnya menurun.

"Penyebab pneumonia itu infeksi dari virus dan bakteri. Banyak faktor yang berperan, salah satunya polusi udara bisa dari asap kendaraan, udara yang jelek, atau asap rokok yang dapat merusak sistem pernapasan," kata dr Nastiti saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2017).

Jika ada bakteri yang berusaha mengganggu sistem pernapasan, anak lebih mudah kena pneumonia. Sementara rokok merupakan benda yang mudah mengganggu paru-paru orang, termasuk anak-anak.

Ads
"Rokok mengandung banyak zat kimia dan orang jadi beralih ke vaping yang dipikirnya aman. Tapi penelitian terkini vaping elektrik tidak lebih baik dari rokok," tambahnya.

Rokok elektrik, menurut dr Nastiti, bukan sebagai alat penyapih yang benar agar orang bisa berhenti merokok. Asap dari rokok tersebut juga sangat berbahaya bagi sistem pernapasan anak-anak.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww