JAKARTA - Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud ke Indonesia akan menyertakan rombongan yang berjumlah mencapai 1.500 orang. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Muhammad Abdullah al-Shuaibi menjelaskan, kedatangan Raja Salman ke Indonesia dengan membawa 10 nota kesepahaman yang akan disepakati antara dua negara.

Setiap kesepakatan tersebut, kata dia, akan ditangani langsung oleh menteri terkait. Menteri tersebut pun kemudian juga memiliki rombongan pendamping. "Terdapat tokoh tokoh penting dalam rombongan itu," ujar Osama, Senin (27/2/2017).

Osama menjelaskan, terdapat beberapa kerja sama yang akan dibahas. Hal itu mulai dari soal agama, budaya, hingga perminyakan. Osama mengatakan, jumlah kesepakatan yang dibahas di Indonesia menjadi yang terbanyak dalam kunjungan Raja Salman ke Asia.

"Yang jelas, bagaimana pun jumlah itu menunjukkan betapa pentingnya Indonesia di hati Raja Salman," ujar Osama.

Raja Salman akan mengunjungi Indonesia mulai 1 hingga 9 Maret 2017. Hal ini merupakan kunjungan bersejarah mengingat terakhir kali Raja Arab Saudi berkunjung ke Indonesia terjadi 47 tahun yang lalu.