Mencegah Infeksi Kulit di Kaki saat Banjir, Begini Caranya!

Mencegah Infeksi Kulit di Kaki saat Banjir, Begini Caranya!
Ilustrasi
Kamis, 23 Februari 2017 14:19 WIB
KAKI mudah saja terinfeksi atau sekedar iritasi akibat terkena air banjir. Bisa kok hal ini dicegah dengan cara yang tepat. Mau tahu caranya?Dikutip Interhealthworldwide, Kamis (23/2/2017), berikut adalah empat tips mudah yang harus diterapkan agar terhindar dari infeksi kulit saat banjir.

Gunakan pakaian tepat

loading...
Banjir dapat terjadi setelah hujan lebat, apalagi di ibu kota Jakarta dan sekitarnya. Saat ingin keluar rumah, gunakan baju dan celana yang tepat. Hindari penggunaan celana panjang, khususnya celana jeans bagi yang tidak berhijab. Kalaupun banjirnya hanya semata kaki, gunakan celana sekiranya selutut untuk menerjang banjir. Sementara bagi yang berhijab, hindari menggunakan dress, karena merepotkan Anda. Lalu, setiba di tempat tujuan baru gunakan baju yang lebih rapi ya.

Ads
Tutup luka di kaki dengan plester tahan air

Jika Anda memiliki luka yang lecet di bagian kaki sebelumnya, tutup dengan plester tahan air. Cara ini melindungi luka dari infeksi. Ingat, air genangan banjir kondisi sangat kotor, penuh virus, jamur dan kuman.

Pakai sepatu karet

Kini banyak sekali dijual sepatu trendi di pusat perbelanjaan. Anda dapat menggunakan saat menerjang hujan lebat dan genangan air. Atau Anda juga dapat menggunakan sandal jepit anti slip. Alas kaki seperti ini dapat segera dicuci saat Anda tiba di tempat tujuan. Tapi jika ingin rapi, bawa sepatu pengganti yang bisa dipakai.

Keringkan setelah cuci kaki

Kaki tentunya akan kotor dan bau setelah menerjang banjir. Tak hanya mengganggu penampilan Anda, hal tersebut juga cepat mengakibatkan infeksi. Anda harus hati-hati dan selalu bawalah handuk kemanapun saat musim hujan untuk mengelap kaki hingga kering.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww