JAKARTA- Tujuh orang tewas akibat tertimbun longsor di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Enam jasad korban sudah dievakuasi, sedangkan seorang lagi masih dalam pencarian. “Enam orang meninggal sudah dievakuasi dan satu masih pencarian. Pendataan masih dilakukan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan WhatsApp, Minggu, 19 Juni 2016.

Sutopo mengatakan banjir sudah surut di sebagian wilayah Jawa Tengah. Namun masih ada daerah yang masih terendam banjir, diantaranya Purworejo, Kendal, dan Karanganyar. “Penanganan darurat masih terus dilakukan,” ujar Sutopo.

Pencarian korban yang tertimbun longsor dan banjir masih dilakukan oleh tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, Badan SAR Nasional, Palang Merah Indonesia, dan lainnya.

Menurut Sutopo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah memerintahkan BPBD dari daerah lain mengerahkan bantuan untuk menangani wilayah yang dilanda banjir dan longsor, seperti Kabupaten Boyolali, Magelang, Sukoharjo, Temanggung, Wonosobo, dan Semarang.***