JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya mengatakan, Indonesia harus bersiap menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dalam  musim pancaroba.

Siti Nurbaya mengatakan, saat ini Karhutla sudah terjadi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Pemadaman sudah dilakukan bersama TNI dan tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dan kabar terkini menyatakan api telah berhasil dipadamkan.

“Saya sudah mengingatkan kepada Gubernur, Pemerintah daerah, Perusahaan-perusahaan, serta UPT KLHK untuk waspada terhadap karhutla, dari akhir Juni lalu,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK), Siti Nurbaya Bakar, dalam siaran persnya.

Untuk wilayah Sumatera, lanjut dia, khususnya Provinsi Riau hingga Sumatera Selatan, terus melakukan pemantauan melalui satelit menggunakan NOAA 18 dan 19. Informasi data satelit hotspot NOAA 18 dan 19 yang datanya masih belum jelas, sudah dikomunikasikan kembali ke pusat data ASMC di Singapura.

“Indonesia juga telah membangun alat monitor hotspot sebagai kontrol, hasil kerja bersama antara LHK, BMKG, dan LAPAN,” kata Siti Nurbaya.

Pada masa libur lebaran ini, lanjut dia, tim Manggala Agni Kementerian LHK, tetap disiagakan di daerah-daerah operasi yang rawan karhutla.

“Para pejabat eselon 1 dan 2 di jajaran Kementerian LHK juga tetap disiagakan untuk memonitor operasional kerja setiap hari secara bergiliran,” tambahnya.

Kebakaran yang terjadi di beberapa tempat di Riau dan Sumatera Selatan, kata Siti Nurbaya, diindikasikan dilakukan oleh oknum yang sengaja melakukan pembakaran. Di daerah Rokan Hilir, Riau, pelaku karhutla ini sempat terlihat, dan saat ini sedang dilakukan pengejaran oleh aparat setempat.

Selain itu, lanjutnya, pelaku karhutla di Bayung Lencir, Sumatera Selatan, dilaporkan sudah diperiksa Polsek setempat, sementara titik api diupayakan terus untuk dipadamkan.

?”Semua laporan ini, terus saya ikuti perkembangannya. Termasuk di wilayah Kalimantan Selatan, juga dilakukan patroli rutin. Setiap hari saya memonitor kegiatan patroli terpadu Satgas karhutla di semua daerah,” tambahnya.***