Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Waspadalah, Peredaran Uang Palsu Meningkat Jelang Lebaran

Waspadalah, Peredaran Uang Palsu Meningkat Jelang Lebaran
(liputan6.com)
Senin, 04 Juli 2016 09:06 WIB
JAKARTA - Bank Indonesia mengingatkan masyarakat agar mewaspadai uang palsu. Sebab, peredaran uang palsu jelang Lebaran kembali meningkat. Kondisi ini menjadi tren setiap tahunnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengungkapkan pihaknya terus meningkatkan kerjasama dan komunikasi dengan aparat kepolisian dalam menindak tegas pengedar uang palsu.

"Kita kerjasama dengan polisi, kita beerusaha untuk menimbulkan efek jera. Juga bekerja sama dengan pengadilan untuk tingkatkan hukuman?," kata Ronald seperti ditulis, Kamis (30/6/2016).

Ronald menambahkan, jelang lebaran menjadi peluang bagi para pelaku dalam mengedarkan uang palsu? mengingat kebutuhan uang tunai saat perayaan umat islam ini meningkat 10-15 persen.

Ads
Sementara di kesempatan yang sama Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengimbau kepada masyarakat untuk meluangkan waktu memeriksa uang tunai yang ia dapat dalam kesehariannya.

?"Cara deteksi paling mudah ya dengan menerapkan 3D (dilihat, diraba, diterawang). Lihat ciri-ciri keaslian yang rupiah saja. Selama ini uang palsu yang ditemukan masih bisa dikenali dengan cara 3D," tambah Tirta kepada Liputan6.com.

Selain itu, untuk mengurangi adanya korban peredaran uang palsu, Bank Indonesia akan terus meningkatkan sosialisasi kepada berbagai elemen masyarakat, terutama dimulai dari para pelajar.***
Editor : sanbas
Sumber : liputan6.com
Kategori : SerbaSerbi
www www