JAKARTA - Rendahnya pemahaman tentang kesehatan di kalangan masyarakat menjadi beban tersendiri. Banyak pasien datang ke layanan kesehatan dalam kondisi sudah sakit parah.

"Data Riskesdas menyebut hanya 20 persen orang Indonesia yang ngerti kesehatan," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat melantik 46 orang tim Pencerah Nusantara 4 di kediamannya, Jl Denpasar Raya Jakarta Selatan, Sabtu (7/5/2016).

Akibatnya, berbagai penyakit baru ketahuan saat kondisinya sudah memburuk. Menkes Nila mencontohkan, Laporan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) tahun 2015 yang menyebutkan 850 ribu orang di Indonesia mengalami sakit jantung dan menghabiskan biaya Rp6,6 triliun untuk pengobatannya.

"Kalau saja bisa dicegah, atau hipertensi bisa ditahan di puskesmas, seharusnya tidak perlu sampai sakit jantung," tutur Menkes Nila.

Dalam acara tersebut, Menkes Nila melantik 46 relawan muda yang tergabung dalam gerakan Pencerah Nusantara angkatan ke-4. Dalam setahun ke depan, para relawan ini akan ditugaskan di 9 wilayah terpencil di berbagai penjuru nusantara.

Selain mengabdikan diri di bidang kesehatan, tim Pencerah Nusantara ini diharapkan juga memberi inspirasi bagi daerah tempat mereka mengabdi. Menkes Nila menyebut, berbagai masalah kesehatan harus diatasi sejak hulu melalui pencegahan. ***