Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Mengenal Kuliner Mie Rebus Khas Medan

Mengenal Kuliner Mie Rebus Khas Medan
Mie rebus medan
Selasa, 26 Juli 2016 12:39 WIB
Penulis: Putra
MEDAN - Mungkin mendengar kuliner mie rebus jika sedang mengunjungi Kota Medan,  sudah tak asing lgi. Karena makanan ini adalah salah satu dari ratusan kuliner yang terdapat di Kota Medan.Mie keling atau mie rebus Medan, pada dasarnya dari penduduk lokal peranakan India, tang kemudian diadobsi oleh penduduk Medan. Dan Medan sendiri adalah kota terbesar ketiga di Indonesia layak dikunjungi karena adanya tempat-tempat bernilai sejarah yang layak disimak dan mengingat adanya percampuran etnis disana seperti etnis India, Arab, Melayu, Cina, Padang, Jawa dan Batak, maka tak pelak lagi, wisata kulinernya tak bisa dilewatkan begitu saja karena kombinasi berbagai etnis itu tadi.

Kembali ke mie rebus, jangan berpikiran ini mie rebus yang biasa dikenal, ingat 'Ini Medan, Bah!'. Dimana mie rebus ini sangat berbeda dengan mie rebus yang dijual di Jakarta. Selain rasnaa yang gurih dan pedas,  mie yang digunakan adalah mie kuning yang biasanya dipakai oleh kuliner Aceh, yakni mie Aceh.

Disebut mie keling karena sumber resepnya diperoleh dari orang Keling (peranakan India berkulit hitam). Namun saat ini penjual mie tersebut bukan hanya orang keling saja, melainkan asal Jawa, Padang bahkan Aceh, juga sudah menjual mie tersebut.

Untuk mendapatkan menu ini, tidak sulit karena hampir semua restoran besar di Medan seperti Garuda, ACC, Famili menyajikannya. Jika senang mengudap di tempat yang merakyat seperti jajanan kaki lima, pergilah ke daerah Kampung Keling atau Bang Min di Simpang Limun. Disana akan berjejer pedagang mie rebus Medan atau mie keling.

Ads
Lalu bagaimana cara memasaknya? Simak langkah berikut ini.

Bahan : Mie basah Tauge Telur rebus Kentang kukus kemudian digoreng Tahu cina goreng Emping atau kerupuk merah putih khas Sumatera Bawang goreng Daun seledri di iris-iris? Cabe rawit diulek jadi sambal

Kuah: 1 sdm ebi dihaluskan 1 ltr air Minyak goreng untuk menumis 2 Kentang kukus haluskan 1 batang serai Lengkuas 1 sdm tepung sagu (larutkan dengan 2 sdm air)

Bumbu halus: 10 bawang merah 6 bawang putih 3 cabai merah buang bijinya Jahe ¼ sdt ketumbar ¼ sdt pala Garam secukupnya Air asam Gula merah

Cara memasak : • Tumis bumbu halus hingga harum • Masukkan ebi, kentang halus, air • Setelah matang, tuang air sagu sedikit demi sedikit hingga kuah mengental • Siapkan diwadah mi basah, tauge, telur rebus, kentang rebus, tahu goreng • Siram dengan kuah ebi, kemudian beri perasan jeruk nipis • Hidangkan dengan bawang goreng, seledri dan emping (kerupuk merah putih) dan sambal cabe rawit.?
Editor : Arif
Kategori : SerbaSerbi
www www