LANGKAT- Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Kapus)  Bahorok, Purwati S Kep Ners menghadiri rapat Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) terkait Survei Mawas Diri (SMD) kesehatan masyarakat di kantor desa Simpang Pulau Rambung , Senen (29/4/2024). Menurutnya berdasarkan penelitian survei melalui simple dari 85 Kepala Keluarga (KK) dari 689 KK tersebar di sembilan dusun maka dihimpun data kesehatan masyarakat diantaranya perokok, terindikasi terinfeksi penyakit paru, gula darah, hipertensi serta satu orang gangguan jiwa beber Purwati.

Dihadapan para kepala dusun (kadus) desa itu, kapus menghimbau dan mengingatkan sgar bagi para perokok untuk tidak merokok di dalam ruangan.

Perokok memiliki hak , namun selayaknya memperhatikan kesehatan pihak yang tidak merokok. Dikatakannya perokok dan tidak perokok jika berdekatan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan yang tidak merokok tegasnya.

Donor darah
Kapus Bahorok juga mengajak masyarakat agar datang ke Puskesmas untuk mengikuti kegiatan sosial "donor darah" pada 7 Mei mendatang.

Selain amal, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan seperti menurunkan gula darah dan mengurangi asam urat serta lainnya ujar Purwati.

Diakhir paparan Kapus mengajak masyarakat untuk tidak segan datang ke Puskesmas mengecek kesehatan dan berobat.

Sebelumnya kepala desa (kades) Simpang Pulau Rambung, Ngamanken Tarigan mengaku mengapresiasi kehadiran kapus serta timnya langsung turun ke desa.

Kehadiran kapus tentunya menambah wawasan tersendiri bagi masyarakat tentang kesehatan dan pola hidup sehat serta pencegahan penyakit kata kades.

Hadir saat kegiatan itu ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tuahta Tarigan SE, Babinsa koramil 06 , sertu Supriadi serta lainnya.*