BERITA

SATU bulan terakhir marak informasi di media sosial, seperti Tik Tok dan Reels di Instagram maupun Facebook, bahwa ada lowongan kerja di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk di tahun 2024. BUMN telekomunikasi ini disebut sedang melakukan Open Recruitment dengan gaji menggiurkan.

HASIL CEK FAKTA

Lowongan kerja atau open Recruitment PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. juga muncul di halaman pencarian Google. Bahkan ada media mainstream ikut memberitakan dengan headline "Lowongan Kerja Telkom Group 2024, Minimal Lulusan S1: Gaji Menggiurkan!" pada 24 April 2024 barusan.

Penelusuran GoSumut.com terhadap akun resmi Telkom dan grupnya di media sosial, baik Tik Tok maupun Instagram dan Facebook serta WhatsApp tidak menemukan postingan tentang lowongan kerja sama sekali. Akun-akun resmi Telkom dan grup, antara lain  @telkomindonesia, @IndiHome, @Telkom (semua bercentang biru) dan @Telkomsel (di Whatsapp bercentang hijau) hanya memposting tentang produk, program, seremoni, layanan hingga penghargaan yang diterima perusahaan BUMN telekomunikasi itu.

Dalam website resmi Telkom https://www.telkom.co.id/ juga tidak tampak tayangan lowongan kerja. Website ini justru menayangkan siaran pers berjudul "Waspada Penipuan! Beredar Info Rekrutmen Bodong Telkom, Kenali Cirinya" pada awal April 2024. Disebutkan bahwa belakangan beredar informasi lowongan kerja palsu mengatasnamakan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui akun media sosial. Karena itu, Telkom mengimbau masyarakat agar senantiasa waspada dengan segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan, salah satunya terkait rekrutmen karyawan.

Pejabat Telkom  Sendy Aditya Kamesvara selaku SGM HC Strategic Partner Telkom Indonesia dalam siaran pers itu memastikan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. Telkom menyayangkan tindakan tidak bertanggung jawab yang bisa merugikan banyak pihak dengan mengatasnamakan rekrutmen Telkom Indonesia.

Dia mengakui Telkom Indonesia dan anak perusahaannya yang tergabung dalam TelkomGroup memang membuka lowongan kerja secara resmi pada Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024, bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan FHCI. Namun Informasi dan pendaftaran RBB dibuka melalui https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/. Selain itu  informasi rekrutmen khusus Telkom dibagikan melalui website resmi yaitu https://careers.telkom.co.id/ dan akun media sosial resmi @livingintelkom maupun akun resmi anak perusahaan Telkom lainnya. "Selain dari laman tersebut harap untuk diwaspadai,” ujar Sendy.

Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id tersebutdengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran. Sendy  juga mengingatkan bahwa Telkom Indonesia tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen karena telah menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001:2016.

Saat GoSumut.com menelusuri website Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024  yaitu https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.idmemang ditemukan ada lebih 100 BUMN membuka lowongan kerja, termasuk Telkom Indonesia. Tetapi masa waktu pendaftaran atau  registrasi online adalah 23 Maret - 01 April 2024 atau telah berakhir, bahkan saat ini sedang memasuki tahap tes hingga akhir Juni 2024 nanti. Lalu pengumuman hasil tes disampaikan @pada Juli 2024 mendatang.

KESIMPULAN

Informasi di media sosial yang menyebutkan  ada lowongan kerja di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk di tahun 2024 dengan gaji menggiurkan dapat dipastikan merupakan informasi palsu atau hoaks. Masyarakat yang menemukan informasi rekrutmen tidak bersumber dari situs atau akun resmi tersebut diminta untuk mengabaikannya dan jangan meneruskannya guna menghentikan penyebaran hoaks atau informasi palsu tersebut.*

RUJUKAN

https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/waspada-penipuan-beredar-info-rekrutmen-bodong-telkom,-kenali-cirinya-2315

https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/

https://newsmaker.tribunnews.com/amp/2024/04/24/lowongan-kerja-telkom-group-2024-ada-25-posisi-dibutuhkan-minimal-lulusan-s1-gaji-menggiurkan

https://vt.tiktok.com/ZSFc6S4fB/