PALAS - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padanglawas (Palas) Arpan Nasution, S Sos,melepas 276 calon jemaah haji (CJH) mengikuti kegiatan manasik haji akbar dari lapangan Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Rabu (8/4/2024). "Selamat kepada para CJH untuk mengikuti manasik haji akbar untuk mewujudkan calon haji yang mandiri dalam pelaksanaan ibadah haji," ucap Arpan Nasution.

Dikatakan, kegiatan manasik haji merupakan bekal tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga beribadah dengan lancar dan benar sesuai kaidah agama.

Menurut Sekda, manasik haji juga memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi jemaah, baik menjelang pemberangkatan dan pada saat pelaksanaan hingga kembali ke daerah asal nanti.

Arpan berpesan, kepara seluruh calon jemaah haji(CJH) harus disiplin mengatur waktu sebaik-baiknya, sehingga nantinya mendapat predikat haji mabrur.

" Calon jemaah haji dapat menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan, minum dan istirahat yang cukup," pesannya.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Kabupaten Padanglawas, H. Abdul Manan,MA menyampaikan, Calon Jemaah Haji(CJH) Kabupaten Palas yang akan berangkat menunai ibadah haji berjumlah 276 orang.

Terdiri dari CJH laki-laki sebanyak 115 orang dan Perempuan sebanyak 158 orang ditambah pendamping 3 orang,terangnya

Calon Jemaah Haji Kabupaten Palas akan berangkat melalui kloter 10, dan diberangkatkan dari Mesjid Agung Al- Munawwarah Sibuhuan pada 21 Mei 2024 menuju Asrama Haji Medan.

"Ada 56 orang CJH asal Kabupaten Palas yang bergabung dengan calon jemaah haji dari Kota Medan," ujar H.Abdul Manan.

Ia menambahkan, kegiatan manasik haji bertujuan untuk menjelaskan tata cara dan hikmah pelaksanaan ibadah haji serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan selama menunaikan ibadah suci di tanah suci nanti.

Oleh karena itu, lanjutnya dengan pelaksanaan acara manasik akbar ini, diharapkan semua calon jemaah haji indonesia umumnya dan khususnya calon jemaah haji Kabupaten Palas diberi keselamatan sampai di tanah suci makkah dan dapat melaksanakan semua ibadah baik wajib maupun sunahnya.

Turut hadir dikegiatan pelepasan pemberangkatan CJH mengikuti manasik haji akbar, Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan, Lulik Djatikumoro,S.H.,M.H, Ketua MUI Palas,H.Ismail Nasution Lc, M.TH, Wakapolres,Kompol Sugianto,S.Pd, mewakili Dandim 0212/ TS, para Asisten, Pimpinan OPD dan Petugas Haji Daerah.