MEDAN - Bidang Penerangan Agama Islam ( Penais) Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Sumatera Utara, gelar Rapat Koordinasi (Rakoor) di Hotel Khas Parapat, Senin (5/5/2024). Rakoor dibuka Kakanwil Kemenag Sumut diwakili Kabag TU, H Muhammad Yunus MA.
 
Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan, dalam trasformasi layanan penerangan agama islam ada tiga program prioritas Menag tahun 2024 yaitu, implementasi kampung moderasi beragama, peningkatan pengiriman dai ke wilayah 3T dan memperkuat majelis da'i kebangsaan.
 
"Ada tiga program prioritas Menag tahun 2024 yang menjadi prioritas kita," kata Kakanwil.
Dalam rakoor tersebut, Kakanwil juga menyoroti minimnya capaian pada triwilan pertama terutama pensertifikatan tanah wakaf.
 
"Capaian triwulan I, percepatan pensertifikasian tanah wakaf masih minim," katanya.
 
Karena itu, ia meminta agar segera melakukan langkah - langkah percepatan untuk capaian triwulan ke II dengan segera melakukan koordinasi dan mendaftarkan tanah wakaf ke kantor pertanahan kabupaten/kota dan mengupdate pemutahiran data tanah wakaf baik yang sudah terbit AIW ( Akta Ikrar Wakaf) nya maupun yang belum.
 
Pendaftaran tanah wakaf, kata Kakanwil, sangat perlu dalam upaya penyelamatan asset harta benda wakaf Provinsi Sumatera Utara.
 
Dalam meyahuti teknologi, ASN Kemenag dituntut harus mampu menyesuaikan perkembangan sehingga kapasitas dan kualitas kinerja dapat terukur.
 
"Dengan Rakoor ini, diharapkan dapat menyamakan visi dan persepsi antara bidang Penais zakat wakaf Kanwil Kemenag Sumut dengan Kasi dan penyelenggara zakat wakaf Kab/kota dengan sistem satu komando dibawah Kemenag," kata Kakanwil.
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Sumut, H Abdul Azim MA mengatakan, Rakoor diikuti dan dihadiri Katim ( Ketua Tim) dan Kasi Kemenag Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.
 
Tujuannya antara lain untuk menyamakan visi dan persepsi dalam rangka untuk mencapai target tugas secara maksimal.
 
Ia berharap pada semua peserta rakoor agar serius dan fokus mengikuti rakoor sampai selesai.
Dalam kesempatan tersebut, Kabid juga mengucapkan terimakasih pada Kakanwil Kemenag Sumut atas kehadirannya membuka rakoor sekaligus memberi bimbingan dan arahan pada peserta rakoor.
 
Hadir pada Rakoor yaitu Katim Pada Bidang Penais di antaranya, H Sari Putra MIKom, Dr H Awaluddin, H Darwin Harahap MPd dan Katim Penyuluh Hj Erni Sukmawati Harahap MM.