Home >  Berita >  Pendidikan
Pendidikan
gonews_27flc_81046.jpg
JAKARTA - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa yang ke-9 di Jepang.
gonews_23tm4_81045.jpg
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, mengunjungi SDN Ciri Mekar 2 Cibinong, Bogor pada Senin (6/1/2020). Ini adalah salah satu Sekolah Dasar yang terdampak banjir 1 Januari 2020.
gosumutcom_xycxu_71365.jpeg
Guru SD Terharu Diberangkatkan Umroh Oleh Mhd Syafii
Sabtu, 04 Januari 2020 18:53 WIB
MEDAN - Bakal Calon Wali Kota atau Wakil Wali Kota Medan, Dr Drs H Mhd Syafii, SH, MH, MSi memberangkatkan Ibrahim, SHi, guru agama SD di Yayasan Pendidikan Islam Asy Syafi’iyah Internasional Medan untuk menunaikan umroh (umrah) ke tanah suci Makkah.
gosumutcom_5lwn5_71654.jpg
ASAHAN-Dalam memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-74 Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Asahan menggelar upacara di Halaman Sekolah MTs Negeri 2 Kisaran yang diikuti oleh Kakanmenag Kabupaten Asahan, Kepala KUA se-Kabupaten Asahan, Kepala Sekolah MIN, MTs, MA se-Kabupaten Asahan, Penyuluh Agama Islam, Pengawas Agama Islam, Katolik dan Kristen, Para Guru yang bernaung di Kementerian Agama se-Kabupaten Asahan, Pelajar MTs Negeri 2 Kisaran dan MAN Kisaran. Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-74 ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. John Hardi Nasution, M.Si menjadi pembina upacara dan menyampaikan amanat tertulis Menteri Agama RI Fachrul Razi yang mengatakan kegiatan peringatan Hari Amal Bakti ke-74 tahun 2020 hari ini mengambil tema "Umat Rukun Indonesia Maju".
gosumutcom_wuavu_71319.jpg
JAKARTA-Ada pemandangan berbeda yang terlihat oleh beberapa warga di daerah TPU Tanah Kusir, tepatnya di Posko Pengungsian yang berada di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan (2/1/20).
gosumutcom_ndkca_71652.jpg
143 Kepala Sekolah se-Kabupaten Asahan dilantik
Kamis, 02 Januari 2020 15:56 WIB
ASAHAN-Bupati Asahan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. Sofian, MPd Mengambil Sumpah/Janji, Sekaligus Melantik 143 Orang Kepala Sekolah se-Kabupaten Asahan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Kamis (2/1/2020). Sesuai dengan Keputusan Bupati Asahan Nomor 401–BKD–Tahun 2019 dan Keputusan Bupati Asahan Nomor 408–BKD–Tahun 2019, Masing-masing dari 154 orang tersebut yaitu Kepala SMP sebanyak 35 orang, Kepala SD sebanyak 107 orang dan Kepala Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Asahan sebanyak 1 Orang.
gosumutcom_4gmsv_71302.jpg
MEDAN - Program studi Magister Ilmu Pangan (PS. IPN) Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara pada tanggal 5 Desember 2019 telah melakukan kunjungan ke Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan.
gosumutcom_5cj3k_71255.jpeg
MEDAN - Faridah Hanum, warga Kampung Nelayan, Medan Labuhan tidak menyangka saat ditawari kuliah tanpa dipungut biaya oleh Bakal Calon Wakil Wali Kota Medan Dr Drs H Mhd Syafii, SH, MH, MSi.
gosumutcom_qeqgn_71196.jpeg
MEDAN-Pendidikan merupakan salah satu media dalam membentuk karakter. Salah satu karakter yang saat ini menjadi tantangan untuk dibangun kembali adalah karakter bersih mulai dari generasi muda.
gosumutcom_juujl_71192.jpg
Ada Jambore Remaja Masjid BKPRMI Sumut di Arena PRSU
Senin, 30 Desember 2019 19:41 WIB
MEDAN - Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) mulai Senin (30/12/2019) menggelar Jambore Remaja Masjid se-Sumatera Utara. Kegiatan dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah. Demikian disampaikan Ketua Umum DPW BKPRMI Sumut Zulchairi Pahlawan SH di arena PRSU Medan hari ini. Dikatakan Zulchairi, kegiatan digelar di Area Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) mulai 30 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. "Sudah kita mulai hari ini (30 Desember 2019) bakda Zuhur dengan beberapa perlombaan. Insha Allah besok pembukaan dilakukan Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajekshah," ungkap Zulchairi Pahlawan. Menurut Zulchairi, jambore sengaja digelar mendekati akhir tahun agar remaja muslim tidak lagi merayakan tahun baru masehi secara berlebihan yang terkadang menjurus ke sifat-sifat jahiliyah. "Tahun Baru Islam ada, tapi terkadang kita kurang semangat menyambutnya. Jambore ini mudah-mudahan bisa mengurangi kegiatan-kegiatan jahiliyah," urai Zulchairi. Disampaikannya, jambore ke-3 BKPRMI Sumut ini merupakan refleksi remaja muslim terhadap apa yang sudah dilakukan terhadap kemaslahatan umat. "Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi, pertemuan sesama kader BKPRMI se-Sumatera Utara. Menarik nafas yang sama untuk kemaslahatan umat yang lebih baik ke depannya," terang Zulchairi. Jambore juga diisi pembahasan mengenai kewirausahaan bagi kader-kader BKPRMI se-Sumut. "Kita ingin menciptakan wirausahawan BKPRMI. Oleh karenanya kami juga menggandeng Bank Sumut Syariah, PDAM Tirtanadi dan beberapa BUMD Provinsi Sumut lain," terang Zulchairi. Sementara itu, Ketua Panitia Diki Anugerah Panjaitan mengatakan jambore akan diisi 14 cabang perlombaan. Di antaranya tabligh akbar, muzakarah dan muhasabah. "Pemenang akan diumumkan saat penutupan tanggal 1 Januari 2020," pungkas Diki.***
gonews_knwbt_80888.jpg
JAKARTA - Agus Solachul Aam Wahib alias Gus Aam yang merupakan cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Wahab Chasbullah, menilai bahwa PBNU sedang mengidap sakit parah. Ia mengaku sangat menyayangkan kondisi tersebut mengingat NU lahir dari perjuangan para pendahulunya.
gosumutcom_p5enr_71135.jpeg
BATUBARA - Bupati Batu Bara Ir H Zahir, M.AP mengapresiasi rampungnya sebuah buku tentang sejarah asal usul berdirinya Kabupaten Batu Bara yang punya kaitan dengan Kerajaan Alam Pagaruyung yang kini bernama Minangkabau.
gonews_mwra8_80845.jpg
2020, Pemprov Jateng Gratiskan Biaya Sekolah
Sabtu, 28 Desember 2019 16:37 WIB
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menggratiskan biaya pendidikan sekolah negeri dan swasta di Provinsi Jateng mulai tahun 2020.
gonews_qw8qu_80840.jpg
JAKARTA - Seorang mahasiswi, sebut saja Mawar, didapati menjadi korban kawin kontrak di Puncak. Mahasiswi ini mengaku tergiur demi memenuhi "biaya hidup yang mahal,".
gonews_tpjwp_80838.jpg
Cerita Mahasiswi yang Cuti untuk 'Jual Diri' di Puncak
Sabtu, 28 Desember 2019 14:01 WIB
JAKARTA - Korban praktik perdagangan manusia berkedok kawin kontrak ternyata ada juga yang dari kalangan mahasiswi. Sebut saja Mawar, mengatakan dirinya ikut terlibat dalam praktik tersebut karena terdesak dan coba memanfaatkan kesempatan untuk meraih jutaan rupiah dalam waktu singkat.
gosumutcom_8l9e6_70994.jpg
Johor Islamic Green School, Sekolah Alam Tanpa PR
Rabu, 25 Desember 2019 08:15 WIB
MEDAN - Agaknya ini menjadi sekolah pilihan kaum Milenial yang menarik untuk diikuti. Betapa tidak, Johor Islamic Green School (JIGS) yang berlokasi di Jalan Karya Kasih No.54 Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor ini memiliki metode belajar tanpa membebani siswa seperti Pekerjaan Rumah (PR) yang biasa diterapkan di sekolah umum. Kemudian sekolah ini juga tidak menerapkan sistem ranking. Pasalnya, sistem ranking dinilai tidak tepat. Karena seorang siswa tidak bisa dibandingkan dengan siswa lainnya.Justru yang terbaik adalah membandingkan siswa dengan perkembangan dirinya sendiri. "Strategi pendidikan di JIGS adalah memotivasi semangat kompetisi dalam bingkai kerjasama siswa atau fastabikhul khairat (berlomba untuk berbuat baik)", tutur Andi salah seorang Staf Pengajar tamatan Unimed. Satu hal yang juga menarik dari sistem pendidikan di JIGS adalah pemberian tanda bintang setiap hari kepada siswa yang menunjukkan sikap positif baik dalam sikap moral maupun akademik. Bahkan setiap minggunya khusus kepada beberapa siswa diberikan tanda super bintang bagi mereka yang menunjukkan upaya pencapaian atas sikap-sikap positif tersebut. JIGS juga melakukan pemantauan minat bakat setiap siswa. Setelah minat bakat siswa ditemukan selanjutnya dilakukan pengembangan melalui metode Talenta Mapping. Masih banyak lagi metode belajar yang kreatif dan inovatif dalam sistem pendidikan yang diterapkan JIGS. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi WA 081367478292 atau 082272729530. JIGS mengelola tingkat Playgroup, TK-A, TK-B dan SD. Yang pindahan di jenjang itu juga diterima. Pembiayaannya relatif terjangkau.***
gosumutcom_6jwt8_70972.jpg
MEDAN - Perkembangan metode pada praktik Community Development (Comdev) terus berlanjut. Untuk itu, peningkatan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terkait perkembangan tersebut juga harus dilakukan dengan mengundang tenaga praktisi yang berpengalaman di bidang Comdev.
gosumutcom_cdfcn_70935.jpg
MEDAN-Chandra Kumala School mendapatkan penghargaan sebagai “The Best Favorite School In Education Quality Excellent Of The Year” dari Indonesia Achievement Center. Penghargaan ini diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMP/SMA Chandra Kumala, Suwandi Sibarani pada Jumat (20/12/2019) lalu di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta Barat.
gosumutcom_wfeqt_70886.jpg
MAN 2 Deliserdang Bangun Asrama Tahfidzul Qur'an
Sabtu, 21 Desember 2019 22:51 WIB
Deliserdang-Seiring bertambahnya peserta Tahfidzul Qur'an, Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Lubuk Pakam yang berada di Jalan Karya Agung Komplek Tanjung Garbus Satu, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang akhirnya melakukan pembangunan Asrama Tahfidzul Qur'an, Sabtu (21/12/2019).
gonews_pgqrv_80617.jpg
JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) menyatakan, mempelajari bahasa Arab merupakan hal penting karena terkait dengan jatidiri bangsa, dan akan memperkuat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
Tenaga Honorer Pendidikan Kabupaten Karo Gelar Aksi Damai
gosumutcom_4cvfm_70754.jpg
TANAH KARO-Tenaga honorer di Dinas Pendidikan Kab. Karo yang berjumlah 1111 guru di tingkat SD dan SMP yang tergabung dalam Forum Komunikasi Honorer Pendidikan, kembali melakukan aksi damai untuk bertemu dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, mempertanyakan nasib mereka yang menurut mereka belum merasa puas, jika masalah mereka tidak langsung disampaikan kehadapan Bupati Karo.
gonews_nj6gv_80608.jpg
JAKARTA - Menteri Agama RI, Fachrul Razi, meresmikan Rumah Moderasi Beragama dan Launching Smart and Green Campus UIN Wali Songo, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (19/12/2019).
gosumutcom_nch2g_70719.jpg
PALUTA-Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) hadiri kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini dan Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Se- Kabupaten Padang Lawas Utara yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Paluta Rabu (18/12/2019) di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Paluta.
gosumutcom_vpxbh_70692.jpg
MEDAN - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tricom setiap bulannya menggelar Serial Kuliah Umum bagi para mahasiswa. Narasumber yang dihadirkan adalah para pelaku bisnis atau pengusaha yang sukses, untuk memotivasi sekaligus berbagi informasi terkait perkembangan dunia usaha.
gosumutcom_mvy23_70605.jpg
MEDAN - Selat Malaka dewasa ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sebagai salah satu jalur transportasi laut terpenting di dunia.
gonews_q7qrs_80468.jpg
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), mendesak pemerintah untuk mulai berupaya memperkuat jiwa kebangsaan, atau yang lazim dikenal dengan ungkapan nation character building.
gonews_ph3ha_80458.jpg
'Iya, Benar' Ada Insiden Itu
Senin, 16 Desember 2019 12:42 WIB
JAKARTA - Mahasiswa sebuah universitas swasta di Jakarta dikabarkan meninggal saat mengikuti pelatihan resimen mahasiswa (menwa) di kampusnya, pada Sabtu (14/12/2019).
gonews_qwggp_80456.jpg
JAKARTA - Onesimus Aluwa, pemuda dari daerah pedalaman Yahukimo, Papua, bercerita tentang keinginannya membangun sekolah di desa asalnya setelah menempuh studi magister melalui beasiswa ke Rusia.
gosumutcom_ex5cr_70469.jpg
SERDANG BEDAGAI-Founder Rumah Aspirasi Milenial (RAM) mengadakan seminar nasional kita pancasila untuk yang pertama kali di Sumatera Utara.
Siswa SMP N 1 Laguboti Keluhkan Fasilitas MCK :
gosumutcom_fqhjx_70433.jpg
Bapak Bupati Berikan Kami Kamar Mandi Yang Layak
Sabtu, 14 Desember 2019 16:10 WIB
TOBASA-SMP Negeri 1 Laguboti Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir yang dipimpin Drs Jungjungan Sibarani saat ini memiliki siswa/i sebanyak 592 orang dan sudah menamatkan ribuan siswa/i nya dari semenjak berdiri.
gosumutcom_vbpzl_70582.jpg
ASAHAN-Menurut peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata mengatakan bahwa sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dan program adiwiyata ialah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Dari Amanat yang terkandung dalam peraturan menteri tersebut Kabupaten Asahan terus berpacu dalam meningkatkan Kwalitas Sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
gosumutcom_wu2lr_70573.jpg
ASAHAN-Menyambut hari ulang tahun ke 89 Al Jam’iyatul Washliyah digelar Pawai Karnaval yang dipusatkan di Jalan Rivai Simpang Jalan Cokroaminoto, Kisaran, Sabtu (14/12/2019). Kegiatan yang meriah itu dihadiri Bupati Asahan H. Surya, BSc Ketua DPRD Kabupaten Asahan H.Baharuddin Harahap, SH, MH, Wakapolres Asahan, Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi,Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya Beserta Pengurus, OPD, Pengurus Al Jam’iyatul Washliyah Kabupaten Asahan.
gonews_rkzml_80393.jpg
Pembuat Naskah Ujian Hina Nabi Diperiksa Polisi
Jum'at, 13 Desember 2019 12:49 WIB
JAKARTA - Naskah soal ujian SD di Kecamatan Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat (Sumbar) bikin resah. Sebabnya, ada satu pertanyaan ujian yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW.
gonews_dm5kv_80392.jpg
JAKARTA - Tokoh senior Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif mengomentari rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) yang diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Buya Syafii meminta agar rencana penghapusan UN 2021 itu dikaji ulang.
gosumutcom_drbvx_70339.jpg
Namo Bintang Dipilih Jadi Desa Inklusif ODHA
Kamis, 12 Desember 2019 17:45 WIB
MEDAN-Masih tingginya stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yakni masyarakat cenderung memperlakukan ODHA dengan sangat buruk, seperti dikucilkan dari masyarakat, tidak memperoleh pendidikan, diberhentikan dari tempat bekerja bahkan dijauhi oleh keluarganya sendiri.
gonews_vnpey_80355.jpg
JAKARTA - Nadiem Makarim menggebrak sistem pendidikan di Indonesia dengan 4 perubahan, langsung di dua bulan pertamanya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
gosumutcom_fb9jn_70570.jpg
ASAHAN-Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan hadiri Semarak HUT Ke 89 Al- Jam’iyatul Washliyah Kecamatan Meranti, Rabu (11/12/2019) di Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan. Kegiatan itu diisi dengan berbagai kegiatan antara lain lomba mewarnai, lomba busana muslim, gerak jalan santai dan festival hadroh yang dipusatkan di Perguruan Al Washliyah Kecamatan Meranti.
545fce681b11f79d394685hcn-134394.jpg
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerapkan Program Merdeka Belajar melalui empat kebijakan pokok bidang pendidikan nasional.
Gerak Bersama untuk HAM dan Perempuan
gosumutcom_vrrdq_70255.jpg
Tuntaskan Kasus Kekerasan Perempuan di Sumut
Selasa, 10 Desember 2019 20:22 WIB
MEDAN-Kasus kekerasan terhadap perempuan dapat terjadi di mana saja. Berdasarkan data korban kekerasan terus meningkat setiap tahunnya. Pelakunya dapat merupakan orang terdekat dengan korban bahkan juga terjadi di lingkungan kampus. Mirisnya, penyelesaian kasus-kasus kekerasan ini juga sangat lambat. Sehingga mengakibatkan pelaku tidak mendapatkan efek jera terhadap perbuatannya.
gosumutcom_8ab6p_70213.jpg
MEDAN-Komas Sumut (Komunitas Masyarakat Santri Sumatera Utara) yang dipimpin oleh Ketua AL Ustadz Muhammad Iqbal Rangkuti S.Pd.I, Sekjen AL Ustadz H Aswan Alamsyah S.Th.I dan Bendahara Abdul Rahmad Harahap S.Pd telah sukses melaksanakan program keummatan, salah satunya adalah kegiatan seminar antisipasi penyalahgunaan narkoba.
gonews_ggpjq_80267.jpg
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, mengimbau Menteri Agama Fachrul Razi tak perlu menghapus materi ajaran tentang khilafah dan jihad dalam pelajaran agama Islam di madrasah.
gosumutcom_uyfkt_70140.jpg
MEDAN - Dewan Guru Besar Universitas Sumatera Utara akan menggelar Seminar Nasional yang mengambil tema pembahasan “Selat Malaka : Perspektif Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik.” Seminar akan berlangsung di Ruang Sidang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 3 Medan.
gonews_lsw8j_80252.jpg
MALANG - Polres Malang mengamankan CH, seorang oknum guru honorer salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, karena mencabuli belasan siswa laki-laki.
gosumutcom_kmrvc_70126.jpg
5 Hal Gambaran Dalam Laporan Keuangan Perbankan
Minggu, 08 Desember 2019 14:29 WIB
MEDAN-Perbankan memiliki peraturan yang ketat, diawasi Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas. BI bertugas memelihara kestabilan rupiah dan menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter dan mengatur serta menjaga kelancaran sistem pembayaran. Sedangkan OJK sebagai pengaturan, pengawasan dan pemeriksaan dalam sektor jasa keuangan seperti perbankan, pasar modal dan pengawasan perasuransian, dana pensiun dan lembaga pembiayaan.
gosumutcom_lsftv_70095.jpg
MEDAN-Jurnalis mutlak membutuhkan pengetahuan dalam menghasilkan karya jurnalistik yang bermutu. Dalam meliput isu-isu ekonomi, pengetahuan mendalam menjadi penting. Pengetahuan baik selaras dengan munculnya perspektif bagi jurnalis.
gonews_gcvys_80213.jpg
BLITAR - Sebuah bus pariwisata yang mengangkut rombongan guru pengawas dan kepala sekolah taman kanak-kanak asal Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terguling di jalan Kesamben, sebelah timur SPBU, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Sabtu (7/12/2019) sekira pukul 06.30 WIB.
gosumutcom_ggbvb_70075.jpeg
MEDAN-Halaman Masjid Taqwa Kampung Dadap Jalan Mustafa No 1 Medan pada Kamis (5/12/2019) sore tampak berbeda dari biasanya. Puluhan siswa berpakaian hitam biru berada di halaman Masjid tersebut. Para siswa tersebut merupakan para personil Marching Band yang akan menghibur tamu undangan yang hadir.
gosumutcom_llm9c_69978.jpg
MEDAN-Merasa banyak waktu yang terbuang sia-sia diakhir pekan, Muhammad Cikal Bening Insani (18), siswa kelas XII SMKN 10 Medan bersama teman-temannya menggelar perpustakaan jalanan. Buah dari kegiatannya, kini perpustakaannya sudah menetap di kediamannya komplek Perumahan Sigara-gara No 13 D, Patumbak Kecamatan Deli Serdang.
gonews_pwshe_80145.jpg
JAKARTA - Kemenag Kabupaten Kediri, mengambil langkah cepat dengan menarik semua soal ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas XII Madrasah Aliyah (MA) di Kediri, yang memuat materi khilafah. Dan akan dimusnahkan.
www www