Home >  Berita >  Pemerintahan
Pemerintahan
Alih Tugas Kakan Kemenag Sergai
gosumutcom_5r7xq_73845.jpg
SERDANGBEDAGAI-Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya hadiri acara alih tugas kakan kemenag Sergai bertempat Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin(17/2/2020).
gonews_pynew_82878.jpg
JAKARTA - Komite II DPD RI melaksanakan rapat kerja (raker) dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar di DPD RI, Senin (17/2/2020) untuk membahas program kerja dari Kementerian LHK.
gosumutcom_6yxuz_73834.jpg
ASAHAN-Mewakili Bupati Asahan H. Surya BSc, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Bambang Hadi Suprapto menghadiri Dzikir Akbar dan Pengukuhan Majelis Dzikir Al Azka Kabupaten Asahan di Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran, Minggu (16/2/2020). Kegiatan tersebut juga turut diikuti dan dihadiri Ketua Majelis Dzikir Al Azka Sumut, Ketua Majelis Dzikir Al Azka Kabupaten Asahan, Kabag Kesra serta ratusan jamaah.
gosumutcom_z5wcn_73832.jpg
Bupati Asahan Lepas 703 Mahasiswa UNA Peserta KKN
Senin, 17 Februari 2020 17:28 WIB
ASAHAN-Kerja Kuliah Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.
Penutupan Turnamen Soccer Mini Padiat Cup II
gosumutcom_scr7x_73833.jpg
SERDANGBEDAGAI-Wakil Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya menghadiri penutupan Turnamen Soccer Mini Padiat Cup II tahun 2020 bertempat di Stadion Sepak Bola PT. Socfindo Mata Pao Kecamatan Teluk Mengkudu, Minggu (16/2/2020) sore.
gonews_kwc7z_82874.jpg
JAKARTA - Jumlah Dana Desa untuk tahun anggaran 2020 meningkat secara signifikan menjadi Rp. 72 triliun dari yang sebelumnya di tahun 2019 hanya Rp. 70 triliun. Untuk tahun 2020 skema transfer dilakukan langsung dari Kas Umum Negara “langsung” ke rekening pemerintah desa, tanpa melewati jenjang kabupaten ataupun kota seperti tahun-tahun sebelumnya.
gosumutcom_bm75s_73829.jpg
SAMOSIR-Guna meningkatkan pelayanan kesehatan ditingkat desa, Pemerintah Kabupaten Samosir terus melakukan berbagai upaya, mulai dari pembangunan gedung, renovasi gedung, menyiapkan dokter umum, serta menambah beberapa fasilitas kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) desa.
gonews_bercx_82873.jpg
NTB - Seluruh pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil (Disdukcapil) mulai dari pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), maupun KTP elektronik, tidak dipungut biaya sepeser alias gratis.
gonews_enchr_82872.jpg
JAKARTA - Ketua DPP PKS Ledia Hanifa mengkritik kurangnya koordinasi menteri dengan Presiden Joko Widodo. Hal itu menanggapi survei 100 hari periode kedua Presiden Joko Widodo.
gonews_9kkks_82871.jpeg
JAKARTA - Saat Nadiem Makarim ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, muncul candaan di media sosial tentang kemungkinan SPP sekolah, dibayar dengan fitur Gopay. Kini, candaan tersebut menjadi kenyataan.
gonews_kcxx8_82870.jpg
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan di alam demokrasi yang dimasuki Indonesia, setiap orang berhak dan bebas mengikuti kompetisi politik untuk mendapatkan kepercayaan rakyat.
gonews_wnyd8_82869.jpg
SURABAYA - Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Gerbangkertosusila, BTS dan Selingkar Wilis yang diamanatkan kepada Gubernur Jawa Timur mendapat dukungan dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.
gonews_fm66r_82868.jpg
JAKARTA - Konflik tapal batas antara Kabupaten Lebong dengan Kabupaten Bengkulu yang tak kunjung ada penyelesaian, menjadi perhatian Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.
gonews_5cslr_82867.jpg
JAKARTA - Sekretariat Jenderal MPR telah menerima penilaian dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait dengan tingkat maturitas dari Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP).
gosumutcom_ypmyv_73819.jpg
Sekda Provsu: Sensus Secara Online Sangat Membantu
Senin, 17 Februari 2020 14:58 WIB
MEDAN-Sensus dengan cara online sangat membantu. Selain menghemat tenaga, juga menghemat waktu dan biaya.
gosumutcom_c65cq_73817.jpg
SERDANGBEDAGAI- Mendahului sebuah truk yang berada di depannya yang belum diketahui identitasnya, dua sepeda motor adu kontra di Jalan Umum KM 40-41 Medan Tebingtinggi, tepatnya di Depan SPBU Dusun IV, Desa Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Sergai. Minggu (16/2/2020) sekira pukul 14:30WIB.
gonews_dpz3w_82865.jpg
JAKARTA - Pernyataan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung yang mengatakan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ke Kediri karena takut senasib dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dinilai hanya bercanda.
gonews_z8rpa_82864.jpg
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto muncul sebagai menteri terbaik selama 100 hari kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin dalam survei Indo Barometer. Partai NasDem tak sependapat.
gonews_mhxbf_82863.jpg
Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri Terbaik
Senin, 17 Februari 2020 13:29 WIB
JAKARTA - Indo Barometer menyebutkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai menteri terbaik versi survei mereka. Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran, Muradi, menghargai sikap publik terhadap Ketua Umum Gerindra itu, tetapi menurutnya Prabowo belum berbuat apa-apa.
gosumutcom_gubpc_73811.jpg
LANGKAT-Jalur lintas menuju obyek wisata pemandian alam Batu Katak desa Batujonjong kecamatan Bahorok butuh perbaikan segera. Informasi dihimpun Senin.
gonews_kgh32_82862.jpg
JAKARTA - Kediri, Jawa Timur, tengah ramai jadi perbincangan publik. Topik yang disoroti adalah masalah klenik wilayah yang diapit Gunung Kelud dan Gunung Liman itu.
gonews_95gv6_82861.jpg
JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Ruhut Sitompul membela Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang jadi sorotan akibat pernyataannya yang melarang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kediri, Jawa Timur. Pramono melarang Jokowi mengunjungi Kediri agar Presiden Ketujuh RI itu tak senasib dengan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.
gosumutcom_qhvzf_73807.jpg
DPRD Samosir Reses I di Kecamatan Pangururan
Senin, 17 Februari 2020 13:20 WIB
SAMOSIR-Guna menindaklanjuti hasil kesimpulan rapat Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir, dalam rangka membahas dan menetapkan jadwal pengesahan program kerja DPRD Samosir Tahun Anggaran (TA) 2020, DPRD Samosir melakukan reses I di Kecamatan Pangururan untuk menyerap aspirasi konstituen masyarakat, Senin (17/2/2020) di Aula HKBP, Resort Pangururan.
gonews_zcddc_82860.jpg
KEDIRI - Kediri selama ini dianggap sebagai daerah wingit atau angker bagi presiden. Hal itu dipercaya Seskab Pramono Anung.
gosumutcom_5ygqt_73803.jpg
BPJS Labura Sosialisasikan Sensus Penduduk Online
Senin, 17 Februari 2020 12:19 WIB
LABURA-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Labuhanbatu Utara menggelar sosialisasi sensus penduduk secara online tahun 2020 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Labura. Sosialisasi digelar usai pelaksanaan upacara peringatan hari kesadaran Nasional, di halaman Kantor Bupati, Senin (17/2) pagi.
gonews_pjqg3_82859.jpg
BANDUNG - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong kaum millenial untuk kreatif membuat berbagai terobosan dalam memproduksi barang dan jasa.
gosumutcom_qn92w_73800.jpg
LABUHANBATU- Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd telah menyerahkan santunan Purna Tugas dan Kemalangan dari Anggota Korpri Kabupaten Labuhanbatu kepada perwakilan 17 orang Anggota Korpri dan 3 orang ahli waris yang telah memasuki purna tugas dan meninggal dunia.
gosumutcom_tfejz_73798.jpg
LANGKAT-Sesuai intruksi Bupati Langkat Terbit Rencana PA, Pemkab Langkat melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).
gosumutcom_mme56_73787.jpg
TOBASA-Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian bersama rombongan hadir di Pea Tingko Desa Natumikka Kecamatan Borbor Kamis, 13/02/2020 untuk melaksanakan panen raya perdana jagung usaha BUMDes Andeska.
gosumutcom_fj85p_73778.jpg
DELISERDANG-Dinas Kesehatan pemprov Sumut menjemput satu orang Mahasiswa Asal Medan yang menjalani observasi selama 14 hari di Natuna pasca dipulangkan oleh Pemerintah Tiongkok karena wabah Virus Corona yang melanda Wuhan China.
gonews_rcmdu_82842.jpg
JAKARTA - AJI, IJTI, PWI dan LBH Pers menyatakan penolakannya atas usulan revisi pasal Undang Undang Pers yang disodorkan pemerintah melalui Rancangan UU Cipta Lapangan Kerja (UU Cipta Kerja).
gosumutcom_9jk2l_73771.jpg
JAKARTA - Pemerintah tiga hari yang lalu mengirimkan draft Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja ke DPR. Draft RUU tersebut hasil dari konsep Omnibus Law untuk merampingkan dan merevisi sejumlah undang-undang yang berlaku saat ini. Pemerintah menargetkan draft Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja bisa dibahas dan disahkan oleh DPR dalam waktu 100 hari. Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja sejak lama diprioritaskan pemerintahan periode kedua Presiden Jokowi untuk menggenjot investasi. Karena itu, pasal-pasal di sejumlah peraturan perundang-undangan yang dinilai menghambat investasi, akan disederhanakan bahkan dihapus. Setidaknya ada 1.244 pasal dari 79 undang-undang yang sedang digodok dalam RUU Cipta Lapangan Kerja. Selain mengatur soal investasi, RUU ini juga memasukkan revisi sejumlah pasal dalam Undang Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Setidaknya ada dua pasal yang akan diubah, yaitu soal modal asing dan ketentuan pidana. Rincian dari pasal asli dan usulan revisi, ada di bawah ini: Undang Undang No. 40 tentang Pers Revisi dalam Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja Pasal 11 Penambahan modal asing pada perusahaan pers dilakukan melalui pasar modal. Pemerintah Pusat mengembangkan usaha pers melalui penanaman modal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang penanaman modal. Pasal 18 (1) Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta . (1) Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp 2 miliar. (2) Perusahaan pers yang melanggar ketentuan Pasal 5 ayat (1) dan ayat (2), serta Pasal 13 dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp 500 juta. (2) Perusahaan pers yang melanggar ketentuan Pasal 5 ayat (1) dan ayat (2), serta Pasal 13 dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp 2 miliar. (3) Perusahaan pers yang melanggar ketentuan Pasal 9 ayat (2) dan Pasal 12 dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp 100 juta. (3) Perusahaan pers yang melanggar ketentuan Pasal 9 ayat (2) dan Pasal 12 dikenai sanksi administratif. (4) Ketentuan lebih lanjut mengenai jenis, besaran denda, tata cara, dan mekanisme pengenaan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah. Atas usulan revisi pasal Undang Undang Pers yang disodorkan pemerintah, AJI, IJTI, PWI dan LBH Pers menyatakan sikap: Menolak adanya upaya pemerintah untuk campur tangan lagi dalam kehidupan pers. Niat untuk campur tangan lagi ini terlihat dalam Ombnibus Law Cipta Lapangan Kerja yang akan membuat peraturan pemerintah soal pengenaan sanksi administratif terhadap perusahaan media yang dinilai melanggar pasal 9 dan pasal 12. Pasal 9 memuat ketentuan soal perusahaan pers harus berbentuk badan hukum Indonesia. Pasal 12 mengatur soal perusahaan pers yang wajib mengumumkan nama, alamat dan penanggung jawabnya secara terbuka.
gosumutcom_gsybe_73770.jpg
MEDAN - Pakar Administrasi Publik dan Kebijakan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) Dra. Dara Aisyah M.Si, Ph.D mengatakan, adanya Peraturan Daerah (Perda) yang bermasalah lantaran tidak optimalnya tahapan pengkajian yang dilakukan para pihak sehingga produk Perda yang dilahirkan berpotensi menghambat iklim kondusif berinvestasi di suatu daerah. "Karena itu, setiap Perda yang bermasalah perlu dilakukan pengkajian ulang secara akademis bersama para pihak dan stakeholder atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Problem Based Learning System," kata Dra. Dara Aisyah M.Si Ph.D menjawab GoSumut.com, Minggu (16/2/2020) di Medan menanggapi masih adanya sejumlah Perda di Kabupaten/Kota Sumatera Utara (Sumut) yang menuai masalah sehingga mengganggu iklim berusaha yang kondusif.
Pelantikan PD IPHI Sergai
gosumutcom_5qfds_73755.jpg
Wagubsu : Kejar Akhirat, Dunia Akan Engkau Dapatkan
Minggu, 16 Februari 2020 14:40 WIB
SERDANGBEDAGAI-Pimpinan Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( PD. IPHI) Kabupaten Serdang Bedagai Periode 2019-2024 dan Tabligh Akbar, resmi dilantik.
gosumutcom_uj5zg_73764.jpg
ASAHAN-Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Asahan menggelar Sholat Subuh berjamaah di Mesjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran, Minggu (16/2/2020). Kegiatan Sholat Subuh Berjamaah ini di ikuti oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) beserta rombongan, Bupati Asahan, Kasdim 0208 Asahan, Perwakilan Kapolres Asahan, Anggota DPRD Kabupaten Asahan, OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Ketua DMI Provinsi Sumatera Utara, Ketua DMI Kabupaten Asahan dan para Jamaah Sholat Subuh Berjamaah Mesjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran.
Selesai Sudah Pelaksanaan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan
gosumutcom_qybyk_73763.jpg
ASAHAN-5 hari sudah pelaksanaan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan digelar di Kecamatan Tinggi Raja. 5 hari sudah lantunan ayat suci Al Quran menggema di angkasa salah satu Kecamatan di Bumi Rambate Rata Raya. 5 hari sudah cakrawala tersenyum menikmati alunan ayat nan indah ciptaan Sang Maha Karya. Sabtu, (15/2/2020), perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan resmi ditutup. Bupati Asahan menutup secara resmi kegiatan yang digelar di Lapangan Bola Kaki Divisi I Kuala Piasa, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan.
gonews_xznqw_82839.jpg
BANDUNG - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan sekaligus kebanggaan terhadap millenial yang mau bergelut di dunia usaha, khususnya di sektor UMKM sebagai penggerak sektor rill yang membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
gonews_wv8b2_82837.jpg
Ma'ruf Cahyono Pimpin Silaturrahim Alumni FH Unsoed
Sabtu, 15 Februari 2020 22:11 WIB
JAKARTA - Sekitar seratus alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (FH Unsoed) yang tinggal di kawasan Jabodetabek menggelar acara silaturahmi dan reuni di Jakarta pada tanggal Sabtu (15/2/2020). Pertemuan yang digelar kali ini bertema 'alang-alang dudu aling-aling'.
gosumutcom_qwxur_73752.jpg
SERDANGBEDAGAI-Usai kegiatan kerjasama antar Pemkab Sergai dan Kejari yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati juga dirangkaikan dengan launching Buku “Serdang Bedagai Kampung Kami” yang ditulis sendiri oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati.
gosumutcom_jre3v_73739.jpg
SERDANGBEDAGAI-Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai bersama Kejari Sergai teken MOU Kesepakatan Bersama Bidang Hukum bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat(14/2/2020).
gosumutcom_rjzue_73726.jpg
SAMOSIR-Pembangunan lanjutan pelabuhan Ambarita, Danau Toba, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir tahap III dengan nilai kontrak Rp 4.277.000.000 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) TA 2019, dikerjakan oleh CV Cahaya Mentari, konsultan CV Hawarins Consultant sejak 1 Juli 2019 lalu, sampai kini masih kontroversi.
gosumutcom_vskv6_73724.jpg
KARO-Pasca Kericuhan Lapas kelas II B Kabanjahe, terungkap WBP (Warga binaan permasyrakatan) penghuni ruangan tahanan melebihi over kapasitas,beragam tanggapan dan isu beredar hingga berujung pemerintah daerah setempat dianggap terkesan acuh tak acuh kurang perhatian dengan kondisi Kepadatan yang dihuni warga binaan, akibat lokasi Lapas II B Kabanjahe tidak layak difungsikan dan seharusnya dipindahkan ketempat lokasi yang lebih luas untuk dibangun.
gosumutcom_pzr8q_73723.jpg
SERDANG BEDAGAI-Bupati Sergai Ir H Soekirman mengajak kepala OPD/ Camat dan Masyarakat untul melaksanakan shalat perdana di Masjid Agung, Jumat (14/2/2020).
gosumutcom_d7czn_73722.jpg
NISEL-Ikatan Pemuda Borota Niha (IPBN) Nias bersama Kades dan tokoh masyarakat desa Lahusa Idanötae bergotong-royong untuk membersihkan Batu Megalit Tundumbaho Desa Lahusa Idanotae Kecamatan Idanötae pada, Jumat,(14/2/2020).
gosumutcom_wkf6x_73721.jpg
SERDANGBEDAGAI-Badan Pusat Statistik(BPS) Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, menggelar Sosialisasi dan Pendapatan Perdana Sensus Penduduk Online (SPO) dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2020, di Aulah Dinas Pendidikakan di Seirampah (15/2/2020) sekira pukul 10:00WIB.
gonews_b6xr9_82815.jpg
JAKARTA - Pemerintah memiliki tanggungjawab keamanan utamanya terhadap 260 juta penduduk Indonesia. Untuk itu, Pemerintah tidak memiliki rencana untuk memulangkan orang-orang ISIS eks warga negara Indonesia (WNI) yang ada di luar negeri.
gonews_uguse_82814.jpg
JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dijadwalkan akan melakukan peninjauan rencana pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur, Sabtu (15/2/2020).
gonews_6msb4_82813.jpg
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memuji Pidato Ketua DPR RI Puan Maharani saat menerima Penganugrahan Gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honouris Causa dari Universitas Diponogoro yang mengangkat tentang Konsep industri atau society 5.0 yang telah berada di depan mata meninggalkan revolusi industri 4.0.
gonews_7szvm_82812.jpeg
BALI - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengingatkan, sesuai amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pemerintah wajib melindungi warga negara, meskipun secara implisit warga negara, juga harus melindungi dirinya. Karena itu pemerintah harus berhati-hati dalam menetapkan kebijakan tidak memulangkan warga negara yang menjadi anggota ISIS. Karena kalau ternyata mereka bisa pulang sendiri, dikhawatirkan bisa jadi ancaman di dalam negeri.
www www