Home > Berita > Ekonomi
Ekonomi
gosumutcom_mvrye_9879.jpg
MEDAN - Untuk merayakan suasana Natal bersama keluarga, banyak warga Kota Medan memilih berbelanja lebih awal dan memanfaatkan program diskon beberapa pusat perbelanjaan.
gosumutcom_dzvrs_9870.jpg
MEDAN – Pengamat Ekonomi Benjamin Gunawan, mengatakan Sumut harus segera membenahi sektor hilir yang akan berdampak pada kerugian besar dengan menutup pabrik dan mem-PHK karyawan. Itu terjadi jika Sumut bergantung pada ekspor komoditas mentah.
gonewsco_xflaz_12572.jpg
JAKARTA - PT Astar Asia Global (ASTARK) - perusahaan start-up lokal di bidang game development bersama PT ARE Teknologi Kreasi (AR&Co) resmi meluncurkan mobile gaming app ASTARK: Football, hari ini (4/12) di Jakarta.
gosumutcom_thum3_9851.jpg
PERBAUNGAN- Sang suami, Nurrohim  begitu mendukung dalam laju kemudi usaha dodol yang dikelolanya. “Suami saya bahkan melakukan riset hingga ke bandung. Untuk nambah nambah ilmu tentang dodol. Ia juga mempelajari tentang dodol garut,”ucap Rita.
Dodol Sejahtera, Perbaungan, Kec Serdang Bedagai
gosumutcom_cmbkn_9850.jpg
PERBAUNGAN- Dodol memang bukan suatu makanan baru di wilayah pasar Bengkel Perbaungan. Karena sepanjang jalan semua pedagang menjual dodol berbahan  gula aren yang merupakan oleh oleh khas daerah tersebut. Tapi berkat variasi rasa  yang banyak, dodol Sejahtera lebih menantang minat pembeli. Perharinya ia mampu meludeskan antara 50 hingga 100 kilo dodol. Khusus menyambut momen  hari raya, mereka  memproduksi  satu ton dodol.
Ini Dia Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat ke Kisaran
gosumutcom_thdw9_9848.jpg
KISARAN- Salah satu rumah makan yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Kisaran adalah rumah makan Sup Buntut  Sidodadi yang berada di Jalan Ir Sutami Sidodadi Kisaran Barat
Wonderful Indonesia 2016
gonewsco_pl6yk_12547.jpg
JAKARTA - Wisatawan yang hendak berlibur ke destinasi prioritas Mandalika, Lombok punya pilihan baru yang oke. Per Sabtu (3/12), ada kapal feri roro KMP Legundi, yang siap melayani rute Surabaya–Lombok. Rutenya dari Surabaya langsung ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat dengan tarif super hemat. “Ini layanan cepat, nyaman dan ekonomis. Rute Surabaya-Lombok pp ini dikhususkan untuk menunjang angkutan wisatawan,” ungkap Hiramsyah Sambudy Thaib, Ketua Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kemenpar, Sabtu (3/12).
gosumutcom_zrhwc_9813.jpg
MEDAN - Revitalisasi Pasar Titi Kuning (Tikung) yang saat ini sedang berlangsung tidak mengganggu aktivitas pedagang yang selama ini berjualan di pasar tradisional Jalan Brigjen Zein Hamid Titi Kuning Medan. Pantauan di Pasar Tikung, Sabtu (3/12/2016), aktivitas pedagang tetap berjalan sebagaimana biasanya.
gosumutcom_dpqzr_9809.jpg
MEDAN - Praktisi Pendidikan Sumut Ahmad Khairuddin, M.Si mengatakan pemuda sebagai pelopor dan pelangsung kemerdekaan RI, harus bisa mengisi kemerdekaan dengan membangun mental spiritualitas yang tinggi, sekaligus membentuk mental kepribadian yang tangguh.
Warung Ahua Lubuk Pakam
gosumutcom_azfpt_9805.jpg
Ini Dia Minuman Tradisional Khas Tionghoa Jadul
Sabtu, 03 Desember 2016 10:22 WIB
LUBUK PAKAM- Saat cuaca cerah minuman dingin tampil bak primadona yang diperebutkan banyak orang. Warung Ahua Jalan Jalan Cikditiro Lubuk Pakam memberi solusi bagi mereka yang haus dan ingin istirahat sambil menghalau gerah dengan aneka minuman yang disediakan
Agung Lebih Memilih Jual Buah Dari Pada Jadi Karyawan
gosumutcom_udlmk_9804.jpg
Segini Omsetnya Perhari
Sabtu, 03 Desember 2016 09:12 WIB
MEDAN- Dengan memanfaatkan mobil pic-up miliknya, sehari-hari Agung (25) memilih pekerjaan sebagai pedagang buah untuk memenuhi biaya hidupnya.  Perharinya ia mampu mengantongi omset rata-rata Rp800 Ribu hingga jutaan Rupiah dari jualan aneka buah yang sedang beredar di pasar. kerjaan sebagai pedagang buah untuk memenuhi biaya hidupnya.  Perharinya ia mampu mengantongi omset rata-rata Rp800 Ribu hingga jutaan Rupiah dari jualan aneka buah yang sedang beredar di pasar.
gonewsco_w52ck_12517.jpg
JAKARTA - Tidak mengherankan jika performa Advan i4D menjadi primadona pasar tanah air saat ini. Konsumen di Indonesia benar-benar terpukau dengan kehadiran Advan i4D. Smartphone berfitur canggih, sudah 4GLTE, namun dibanderol dengan harga terjangkau, hanya Rp.700 ribuan. 
gosumutcom_hvhrz_9779.jpg
Aksi 212 Berjalan Damai, IHSG dan Rupiah Menguat
Jum'at, 02 Desember 2016 17:46 WIB
MEDAN - Aksi damai yang berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia terpantau berjalan tertib dan aman hingga menjelang penutupan perdagangan sore ini, membuat Index Harga Saham Gabungan (IHSG) menghijau meroket sekitar 0.9 persenan.
gosumutcom_mgjd4_9763.jpg
Hujan, Pedagang Sayur di MMTC Ogah Berlibur
Jum'at, 02 Desember 2016 15:35 WIB
MEDAN – Pedagang pindahan dari Pasar Sutomo yang saat ini berlokasi di Komplek Medan Mega Trade Center (MMTC) tampak ramai. Walaupun cuaca sedang turun hujan, pedagang tetap menggelar dagangannya yang diserbu para pembeli.
gosumutcom_ze9wd_9713.jpg
MEDAN - Pengamat Ekonomi Benjamin Gunawan menilai pertumbuhan ekonomi Sumatra Utara (Sumut) di pengujung tahun 2016, terus didominasi oleh sektor pertanian khususnya perkebunan. Hal itu dikarenakan sisi sektor ekonomi produktif.
Jelang Natal dan Tahun Baru
gosumutcom_7vywz_9703.jpg
Wali Kota Buka 53 Titik Pasar Murah
Kamis, 01 Desember 2016 17:32 WIB
MEDAN - Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin membuka 53 titik pasar murah menyambut Hari Natal 2016 dan tahun baru 2017 yang dipusatkan di Lapangan Helvetia, Kecamatan Medan Helvetia, Kamis (1/12/2016).
gonewsco_km6de_12435.jpg
JAKARTA - Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menyebutkan, tidak ada investasi yang dikucurkan untuk proses industri dan pembangunan bertujuan menyulitkan kehidupan masyarakat. Apalagi industri dan pembangunan tersebut merupakan milik negara.
gonewsco_4ey7d_12393.jpg
JAKARTA - Yopie Hidayat, kolumnis ekonomi yang juga mantan Juru Bicara Wapres Boediono, menegaskan, saat ini, kondisi ekonomi global tengah dalam kondisi sangat tidak bagus, bahkan bisa dikatakan sudah ''megap-megap''. Dampak bagi Indonesia pun sudah terasa dengan melemahnya nilai tukar Rupiah. Situasi bisa makin memburuk kalau situasi politik tak kunjung stabil seperti maraknya demonstrasi.
gosumbarcom_4urgb_11815.jpg
PADANG - Pemerintah Kota Padang meminta produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jadi jualan utama dari toko ritel Minang Mart yang tengah dikembangkan Pemprov Sumbar.
gonewsco_8dyu7_12388.jpg
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengimbau negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) untuk berkolaborasi dalam mendorong inovasi dalam ekonomi digital dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Rudiantara menyatakan bahwa pemerintah serius mengembangkan ekonomi digital dengan meluncurkan Paket Kebijakan XIV yang berfokus pada peta jalan e-commerce Indonesia.
gonewsco_lzn8j_12383.jpg
JAKARTA - Chairman The-Family-Enterprise Indonesia dan Chief Strategy Consultant Arrbey Handito Hadi Joewono mengatakan, alternatif pembiayaan baru yang sedang disiapkan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) diharapkan mampu mengurangi ketergantungan perusahaan yang baru kepada luar negeri.
gonewsco_jq4av_12358.jpg
JAKARTA - Angota Badan Legislasi DPR RI Mukhamad Misbakhun berharap revisi Undang Undang No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat lebih mengedepankan iklim perekonomian nasional. Menurutnya demokrasi ekonomi menghendaki adanya kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi di dalam proses produksi dan/atau pemasaran barang dan/atau jasa. Dengan demikian akan tercipta iklim usaha yang sehat, efisiensi ekonomi serta berkeadilan sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan bekerjanya ekonomi pasar yang wajar.
gonewsco_ax4de_12312.jpg
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan dan Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi telah menyatakan bahwa aktivitas PT Cakrabuana Sukses Indonesia (PT CSI) sebagai kegiatan yang melanggar hukum atau ilegal.
gonewsco_8vyet_12310.jpg
JAKARTA - Pemerintah Indonesia akhirnya memberikan kepastian beroperasinya pabrik Semen Indonesia di Rembang (Semen Rembang), Jawa Tengah. Mulai tahun 2017, pabrik Semen Rembang dijamin sudah dapat beroperasi tanpa kendala.
gonewsco_bakdr_12309.jpg
JAKARTA - RPX, perusahaan penyedia jasa pengiriman ekspres dan logistik terpadu (One Stop Logistics) turut berpartisipasi sebagai Partner Class Track Speaker – Improve your Efficiency saat berlangsungnya acara Information Communication and Technology atau ‘’ICT Conference 2016” ke-4 di Ritz Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta yang mengusung tema ‘’Executing Digital Transformation in Business Era Disruption’’.
Sinergi Pertamina - Pemkab Palas
gosumutcom_vdckc_9596.jpg
PADANG LAWAS - Widhi Tri Adhi Senior Sales Excecutive PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumbagut dalam sosialisasi sinergi Pertamina - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas  Selasa ((29/11/2016) dalam penggunaan bright gas 5,5 kg menyatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh lagi menggunakan LPG bersubsidi 3 kg.
gosumutcom_ehvvv_9577.jpeg
GERAKANNYA gesit diantara truk dan angkot yang berlomba-lomba di jalan raya. Setang motor yang sudah dimodifikasi dikemudikannya dengan bahu. Sugeng menekan tuas rem sepeda motornya ketika mendengar panggilan seseorang dari warung.
gosumutcom_j5auc_9497.jpg
Ini Harapan Eldin untuk Bank Sumut
Senin, 28 November 2016 17:11 WIB
MEDAN - Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin berharap Bank Sumatera Utara (Sumut) untuk tetap mendukung program-program pembangunan daerah. Pasalnya, Bank Sumut telah banyak memberi sumbangsih khususnya pembangunan perekonomian masyarakat Kota Medan.
gosumutcom_4s57g_9541.jpg
Peyek Gurih dari Palas Mampu Hidupi Masyarakat
Senin, 28 November 2016 16:59 WIB
PADANG LAWAS - Masyarakat Kabupaten Padang Lawas khususnya desa Siolip Kecamatan Barumun memiliki industri rumahan peyek, jauh sebelum pemekaran Kabupaten Palas yakni tahun 1997.
gosumutcom_euw2q_9520.jpg
MEDAN- Di kalangan masyarakat Melayu, bolu kamboja ini bukan suatu yang baru. Dulu kala khususnya saat kerajaan Deli masih berkuasa, kue berbentuk kelopak kamboja ini sering hadir di acara kebesaran masyarakat Melayu. Kini, Barkah, pemilik Usha Bolu Kamboja Barkah yang berada di Jalan Ibrahim Umar/Gang Sado Medan menjadikannya sebagai usaha dan kue buatannya pun digemari banyak pihak.
gosumutcom_mj9lb_9499.jpg
MEDAN - Bank Sumut meluncurkan program Kredit Sahabat Insani Pengusaha Pemula untuk mendukung pengembangan usaha mikro dan kecil di Sumatera Utara.
gosumutcom_lbmzg_9494.jpg
MEDAN - Pola dan gaya hidup masyarakat yang tinggal di negara berkembang menurut Regional Business Manager Sumatera AIA Financial Akhmad Khambali, masih sangat konsumtif. Hal itu dapat dilihat dari setiap menerima gaji langsung dihabiskan untuk membeli kebutuhan. Sehingga prinsip untuk menabung untuk dinikmati dimasa tua, hanya dilakukan jika uang belanja masih tersisa. Kalau tidak ada tersisa, berarti menabungnya ditunda.
gosumutcom_4wqz7_9482.jpg
Tunggakan PBB Warga Medan Capai Rp132 Miliar‬
Minggu, 27 November 2016 19:36 WIB
MEDAN - Perolehan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) di Medan baru mencapai 85 persen dari Rp386 miliar target yang ditetapkan. Artinya, ada 15 persen atau sekitar Rp132 miliar lagi yang terus diupayakan untuk dipungut di bulan-bulan terakhir anggaran 2016 ini.‬
gosumutcom_zmtzg_9465.jpg
Warga Medan Tak Terpengaruh dengan Isu Rush Money
Minggu, 27 November 2016 12:28 WIB
MEDAN-Isu penarikan dana secara besar-besaran dari bank (rush money) yang diberitakan secara nasional akan terjadi Jumat (25/11/2016) ternyata tidak berpengaruh apa-apa bagi masyarakat Kota Medan.
gosumutcom_2jnvc_9463.jpg
TEBING TINGGI- Suatu yang tak boleh dilupakan saat plesiran ke Tebing Tinggi adalah berburu lemang. Ada puluhan penjual lemang di kota Tebing Tinggi. Meskipun kelihatannya sama, tapi rasa yang dihadirkan berbeda beda, sangat tergantung oleh keahlian dan keseriusan pembuatnya dalam memberi produk yang bermutu. Salah satu lemang yang pantas Anda buru  adalah lemang Batok.
gosumutcom_ffsxy_9459.jpeg
JAKARTA - Bareskrim Polri masih menelusuri soal penyebaran isu rush money. Sejauh ini, tersangka AR alias Abu Uwais (31) diketahui merupakan orang yang pertama kali mengunggah ke media sosial terkait ajakan penarikan uang dalam skala besar atau rush money.
gonewsco_5dehl_12159.jpg
JAKARTA - Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia kembali meraih dua penghargaan di bidang teknologi informasi, yaitu Top ICT Leadership 2016 dan Top IT Implementation on Transportation Sector 2016. Penghargaan yang diselenggarakan oleh Itech Magazine dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
gosumutcom_skq9n_9430.jpg
MEDAN - Parfum botol non alkohol eceran sangat laris dijual di pasar yang terletak di Jalan Besar Kualanamu, Batangkuis. Pasalnya harga yang ditawarkan penjual sangat ekonomis. Botol bervolume 20 ml hanya dipatok dengan harga Rp25 ribu.
Sekilas Kabar dari Korpri
gonewsco_dczzx_12136.jpg
JAKARTA - Tingginya pangsa bisnis e-commerce yang berjalan di Indonesia, membuat pemerintah memasang target transaksi ekonomi digital tersebut mencapai sebesar 130 miliar dollar AS. Capaian itu dapat tercapai jika e-commerce memiliki inovasi tersendiri.
gosumutcom_yeh2n_9414.jpg
MEDAN- Jika Anda pelanggan berat atau pernah bersantap di restoran Wong Solo Medan, baik yang berada di Jalan Gajah Mada, maupun Polonia  pasti tidak asing dengan yang namanya tumis kangkung. Hmm, mengenangnya saja sudah terbayang lezatnya. Tumis kangkung bewarna hijau muda dengan taburan ebi dan teri kering menebarkan aroma dan cita rasa nan gurih, ditambah lagi sentuhan belacannya. Wow!  Dan pasti Anda bertanya, mengapa kita tidak bisa meniru cita rasanya ya?
gonewsco_cmfdd_12097.jpg
JAKARTA - KSPI bersama buruh indonesia resmi mengumumkan akan melakukan "Mogok Nasional" pada 2 Desember 2016. Dengan demikian, rencana mogok nasional buruh yang semula pada 2 November 2016, dialihkan ke tanggal 2 Desember mendatang.
gonewsco_q82bz_12094.jpg
JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (FSP KEP), dalam konfrensi Persnya pada tanggal 22/11 lalu, ia menjelaskan hal yang menjadi perhatian kusus situasi dan kondisi saat ini, iapun menanggapi dan mnindaklanjuti situasi kondisi nasional pada tanggal 30 November, FSP KEP akan mensikapi bagaimana yang menjadi isu sentral penistaan Agama.
Ini Dia Harga Sembako di Pasar Tradisional Sibuhuan
gosumutcom_llury_9356.jpg
Cabai Rawit Naik, Cabai Merah Menurun
Jum'at, 25 November 2016 05:50 WIB
PADANG LAWAS-Harga Sembilan Bahan Pokok ((Sembako) di Pasar Tradisional Sibuhua sebahagian masih normal sepekan terakhir ini. Misalnya cabai rawit, sebelumnya hanya Rp 40 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 70 ribu. Padahal, harga yang dianggap normal oleh warga, hanya kisaran Rp 25 ribu.
gonewsco_whjzy_12037.jpg
JAKARTA - Berbicara dalam Indonesia Economic Outlook 2017 di IDX, Rabu (23/11), Menteri Keuangan Sri Mulyani menargetkan pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,1%. Menurut Sri Mulyani, Indonesia tumbuh dengan keseimbangan yang baik karena bisa tumbuh dikisaran 5% dengan angka defisit anggaran tidak pernah lebih dari 3%.
gonewsco_gr6hf_12003.jpg
TBOX Permudah Pesan Antar Roti Secara Online
Rabu, 23 November 2016 23:51 WIB
Jakarta – Perkembangan smartphone yang kian pesat dan konektivitas 4G LTE yang menawarkan koneksi internet cepat memicu lahirnya berbagai layanan baru. Berbagai startup dengan solusi unik muncul. Salah satunya adalah TBOX, perusahaan teknologi yang menciptakan platform pemesanan roti secara online kepada konsumen.
gonewsco_c5msq_11980.jpg
Berikut Harapan DPR Terhadap Bos Baru Freeport
Rabu, 23 November 2016 17:17 WIB
JAKARTA - Chappy Hakim resmi ditunjuk sebagai presiden direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia yang baru. Dia menggantikan Maruf Sjamsuddin yang mengundurkan diri.
gosumutcom_dx44z_9286.jpg
MEDAN-Pasca penggrebekan pabrik mie di kawasan Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, beberapa waktu lalu, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) harus lebih intensif melakukan razia terhadap beberapa jenis makanan lainnya yang beredar di pasar-pasar tradisional.
gonewsco_qrgn4_11954.jpg
JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri permasalahan bangsa ini sangat kompleks, saat ini Indonesia masih terbelit ancaman di sektor ekonomi,mangkraknya proyek infrastruktur, ditambah beberapa bencana alam dibeberapa tempat yang membuat kita semua harus berpikir keras melakukan eksekusi bersama penyelesaian masalah secara selektif, efisien, terencana dan penuh rasa tanggung jawab bersama.
gosumutcom_8tuqu_9266.jpg
MEDAN- Tahu kah Anda mengapa kita harus makan buah naga? Hmm, ternyata selain rasanya enak, manis, mengenyangkan dan segar buah naga juga kaya manfaat lho. Bisa menyembuhkan kanker. Ngomong-ngomong harga buah yang termasuk suku kaktus ini juga bisa membuat kantong menjadi kering. Tapi lagi-lagi, harga adalah sangat relatif dan selalu ada cara untuk mendapatkan harga yang cantik. Anda harus tahu dimana membelinya.
wwwwww