MEDAN - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin mengukuhkan sebanyak 4 Guru Besar, Kamis (10/2/2022) di Auditorium USU Medan.
Keempat guru besar tersebut antara lain Prof Dr dr Elmeida Effendy MKed dari Fakultas Kedokteran, Prof Dr Dra Rohani Ganie MHum, dari Fakultas Ilmu Budaya, Prof Dr Dra Deliana MHum dari Fakultas Ilmu Budaya dan Prof Dr Drs Jonner Hasugian MSi dari Fakultas Ilmu Budaya.

Rektor USU, Dr Muryanto Amin menjelaskan, jumlah guru besar ini harus terus ditambah untuk memenuhi persyaratan sebagai indikator yang ditetapkan dalam menilai kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Kita menyadari bahwa perbandingan jumlah guru besar di setiap perguruan tinggi, tidak terkecuali bagi PT yang berstatus PTN BH, masih menjadi program prioritas untuk dipenuhi. Tidak mudah mencapai angka ideal penambahan jumlah guru besar yang harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia karena keterbatasan masing-masing kampus. Namun, USU akan terus menerus membenahi dan meningkatkan layanan tugas Tri Darma sebagai indikator pemenuhan penilaian mendapatkan jabatan fungsional sebagai guru besar," jelasnya.

Menurut Rektor, setiap tahun USU akan dinilai oleh berbagai jenis lembaga penilai independen, dengan kriteria yang sangat khusus di tingkat nasional maupun internasional.

Melalui pengukuhan tersebut, Rektor mengharapkan agar para Guru Besar dapat terus mendukung pengembangan USU, serta menghasilkan karya-karya terbaik dan bermanfaat.

"Terutama dalam peningkatan publikasi, inovasi dan pengabdian masyarakat, meraih kinerja reputasi USU di tingkat nasional maupun internasional. Universitas Sumatera Utara sangat mengharapkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk memberikan manfaat bagi masalah kemanusiaan dan kontribusi positif memajukan USU dan Indonesia," tutup Rektor mengakhiri sambutan.

Pada pengukuhan itu, ke 4 guru besar itu meyampaikan orasi ilmiah seperti Prof Elmeida Effendy dengan judul “Optimalisasi Telepsikiatri dalam Sinergisme Aspek Tridarma Perguruan Tinggi di Era Society 5.0”. Prof Rohani Ganie berjudul “Aplikasi Fonetik Eksperimental Terhadap Bahasa Aceh : Standarisasi Kesantunan”. Prof Deliana berjudul “Signifikansi Critical Thinking dalam Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris”, dan Prof Jonner Hasugian dengan judul, “Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Produktivitas Publikasi Ilmiah Indonesia di Dunia Internasional : Analisis Bibliometrik Deskriptif Memanfaatkan Basis Data Schimago Journal dan Country Rank”.

Informasi lengkap mengenai USU dapat dilihat di website www.usu.ac.id