TAPTENG - Sebanyak 85 desa di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak tanggal 20 Desember 2021.


Berikut ini nama-nama ke 85 desa yang akan melaksanakan Pilkades;

Untuk Kecamatan Barus, di Desa Sigambo-gambo. Kecamatan Sorkam di Desa Gonting Mahe, Dolok Pantis, Bottot, Sorkam Tengah, Sorkam Kiri, Pananggahan, Pagaran Julu, Hite Urat, Sihapas, Nauli, Muara Nauli.

Di Kecamatan Pandan dua desa, yaitu, Desa Aek Garut da Sitio-tio Hilir. Sedangka untuk Kecamatan Pinangsori, di Desa Gunung Marijo, Toga Basir, Danau Pandan.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Manduamas, yaitu di Desa Pagaran Nauli, Sarma Nauli, Tumba, Tumba Jae, Lae Monong, Saragih Barat, Saragih Timur, Binjohar Uruk, Binjohar Baru, Tumba Nauli, Manduamas Baru, Muara Tapus, Pagaran Baru, Parsihotangan, Tambahan Nanjur.

Di Kecamatan Kolang, hanya satu desa, yaitu, Desa Hurlang Muara Nauli. Di Kecamatan Tapian Nauli sebanyak dua desa, yaitu Desa Aloban Bair dan Mela I. Di Kecamatan Sibabangun, yaitu Desa Sibio-bio dan Huta Gur-gur. Kecamatan Sosor Gadong, Desa Siantar CA dan Siantar Dolok. Di Kecamatan Sorkam Barat, di Desa Sipea-pea, Pasar Sorkam, Pasaribu Tobing Jae, Maduma, Sidikalang, Pahieme II, Sorkam Kanan, Madani.

Untuk Kecamatan Sirandorung, Pilkades dilaksanakan di Desa Simpang III Lae Bingke, Sigodung, Muara Ode. Di Kecamatan Andam Dewi, yaitu di Desa Pangaribuan, Sogar, Sirami Ramian, Sigolang, Sosor Gonting, Bondar Sihudon II dan Sawah Lamo. Di Kecamatan Sitahuis, yaitu di Desa Rampa, Mardame, Naga Timbul dan Simaninggir.

Di Kecamatan Tukka sebanyak tiga desa, yaitu Desa Sigiring-giring, Sait Kalangan II dan Aek Bottar. Di Kecamatan Badiri, di Desa Gunung Kelambu, Lubuk Ampolu, Pagaran Honas, dan Sitardas.

Untuk Kecamatan Pasaribu Tobing, yaitu di Desa Suka Maju, Makmur, Pasaribu Tobing, Simargarap, PO Simargarap. Di Kecamatan Barus Utara, di Desa Sihorbo, Parik Sinomba, Siharbangan.

Di Kecamatan Suka Bangun, dilaksanakan di Pulo Pakkat, Pulo Pakkat II, Janji Maria, Sihadatuon, Sihapas. Dan terakhir di Kecamatan Lumut, di Desa Masundung, Lumut Nauli, Lumut Maju, dan Desa Sialogo.

Kadis PMD Kabupaten Tapanuli Tengah, Hendri H. Sitinjak, Senin 22 November 2021 mengatakan tahapan Pilkades sudah berlangsung di Tapteng. Ia mengimbau seluruh para calon kades agar tetap menciptakan suasana kondusif di desa masing-masing.

“Sebagaimana kami sampaikan sebelumnya, bahwa di Kabupaten Tapanuli Tengah ada 85 desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Tahadapan demi tahapan sudah kita lalui, dan kita bersyukur sampai saat ini semuanya berjalan dengan lancar dan aman. Doa kita, sampai nanti tahap pelantikan semuanya berjalan dengan baik,” timpal Hendri.