TOBA - Dinas Kesbang Pol Kabupaten Toba menggelar sosialisasi 'Wawasan kebagsaan bela negara dan cinta Tanah Air Tahun 2020'. Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini, bertujuan untuk menguatkan jiwa nasionalisme dan membangkitkan semangat kesadaran berbangsa dan bernegara dalam kebhinekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kadis Kesbang Pol Kabupaten Toba, John Maurid Siagian Jumat (3/12/2020) mengatakan kegiatan sosialisasi ini mengundang setiap kecamatan dengan peserta delapan hingga 10 orang, dengan kali sosialisasi diikuti 40 orang.

Awalnya, kegiatan sosialisasi ini direncanakan diikuti sebanyak 120 orang dari 16 kecamatan se Kabupaten Toba untuk pelaksanaan per hari. Namun, pandemi Covid-19 yang menerapkan protokol kesehatan, peserta akhirnya dilakukan pembatasan.

Dalam realisasi program ini lanjut John Maurid, mewajibkan untuk mengikuti protokoler kesehatan guna menghindari dan memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah Covid-19.

"Kegiatan sosialisasi ini, untuk menumbuhkan kembangkan kesadaran kita serta menambah wawasan kebangsaan kita untuk selalu cinta tanah Air Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945 dengan Kebhinekaannya," imbuhnya.

Kabid Politik Dinas Kesbangpol Jindar Malango menambahkan, Kegiatan digelar dalam rangka perluasan pemahaman wawasan kebangsaan akan keberagaman dengan harapan masyarakat tetap solid menjaga dan melestarikan persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman.

Selain itu juga meningkatkan kepedulian serta kesadaran seluruh masyarakat dari berbagai kalangan elemen dalam upaya menjaga keamaanan dan ketertiban bangsa sebagai warga negara Republik Indonesia serta wajib menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945.

Kegiatan ini juga tambahnya untuk menumbuh kembangkan jiwa dan semangat kebersamaan, sikap toleransi dalam keberagaman dan perbedaan baik dalam perbedaan suku, ras, agama, bahasa. Sehinga terwujudnya warga Kabupaten Toba yang rukun, aman, tentram dan damai dengan kebersamaan yang solid dalam keberagaman.

Sosialisasi ini menghadirkan sejumlah narasumber seperti Kasat Binmas Polres Toba AKP. Saudarman Sinaga Kasat Pol PP Kab.Toba, Danramil Balige Kapten Arm. P. Pardede, Danramil Lumban Julu Lettu Sati Hasaini dan Camat Lumban Julu Manangar Butarbutar.