SIMALUNGUN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) program Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) yakni Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Ramah Lingkungan bagi pelaku usaha pariwisata dan masyarakat. Kegiatan bimtek tersebut diadakan di Atsari Hotel Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jumat (4/12/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Simalungun Resman H Saragih dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dinas Amson Napitupulu menyampaikan, rangkaian kegiatan ini juga berhubungan dengan bantuan hibah kepada sejumlah hotel yang memenuhi persyaratan, dan persyaratan itulah yang kita diskusikan kembali kepada pengusaha hotel.

"Serta Bimtek ini juga sangat penting supaya pelaku usaha pariwisata mengetahui bagaimana cara kita untuk menerapkan CHSE atau panduan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, yang menjadi bagian daya tarik wisata merupakan panduan operasional sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," ujar Resman.

Sementara itu, panitia penyelenggara Zulpanuddin Dalimunthe menyampaikan, semua rangkaian kegiatan berhubungan erat kaitanya dengan persyaratan penerima hibah anggaran tahun 2020. "Untuk sesi ketiga ini, adalah sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kapasitas SDM dibidang Pariwisata terutama penerapan program CHSE bagi pelaku usaha dan masyarakat," ungkapnya.

Adapun narasumber pada bimtek kali ini antara lain Kepala Bappeda Simalungun Lurinim Purba dan sebagai penyampai materi (Moderator) Yenny Silalahi, Kepala Penanaman modal izin terpadu satu pintu oleh Pahala RB Sinaga dengan moderator Zulpanuddin Dalimute, SH dan Nina Triana Sembiring Sekretaris Dinas Pendapatan Simalungun bersama Kabid Perizinan Anton Oramon Damanik.*