TOBA - Ismail Sitorus (20) ditangkap dan diamankan warga saat hendak beraksi di kilang padi milik Justin Siahaan di Desa Hutanamora, Kecamatan Silaen, Minggu (29/11/2020) sekira pukul 21.30 Wib.


Pelaku yang tidak menguasai lokasi berhasil ditangkap warga dari persawahan di belakang kilang padi. Kondisinya, babak belur dimassa warga, namun personil Reskrim Polsek Silaen yang ikut bersama warga, sigap mengamankan pelaku.

Seorang pekerja di kilang padi tersebut, bermarga Siregar (45), mengatakan peristiwa ini bermula saat pelaku bersama dua orang rekannya berencana mencurian beras di kilang padi milik Justin Siahaan. Bahkan dia diajak untuk bekerja sama melakukan pencurian.

"Sebelumnya saya ditelepon bermarga Sitorus [abang Ismail] untuk bekerjasama, mengetahui hal ini saya berusaha memberitahukan kepada toke," ujarnya.

Pemilik Kilang padi, Justin Siahaan yang mendapat informasi tersebut meminta karyawannya untuk mengikuti kemauan para pekalu.

"Jadi saya sampaikan, sudah kamu ikut saja apa kata mereka, buka saja pintu pagar depan selebar 2 meter serta matikan lampu agar tidak terlihat di dalam rekaman CCTV. Dan bilang sama mereka situasi aman," ujar Justin mengulangi percakapannya, kepada wartawan di Polsek Silaen.

Kemudian saat ketiganya beraksi, Personil Reskrim Polsek Silaen dan masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan silaen dengan secara bersama-sama mengatur strategi untuk menangkap dan mengamankan ketiga pelaku.

Naas bagi Ismail pelaku aksi pencurian yang tidak hafal dengan lokasi berhasil ditangkap warga dari persawahan di belakang kilang padi tersebut. Pelaku sempat dimassa warga, namun cepat diamankan oleh personil Reskrim Polsek Silaen yang ikut bersama warga untuk menangkap pelaku aksi pencurian dilokasi Tempat Kejadian Perjara (TKP).

Justin menyebutkan sebenarnya abang pelaku, pernah bekerja dua tahun lebih dikilang miliknya. Namun, akunya, dia mengaku sering kehilangan beras, saat melakukan pengecekan. Informasinya, beras yang hilang tersebut dijual hingga ke Kisaran.

Dengan alasan tersebut dia ingin menjebak para tersangka disaat sedang melakukan aksi pencurian. "Dan beberapa hal ini sudah saya laporkan ke Polres Toba," terang Justin.

Kapolsek Silaen Iptu Rudi Tampubolon saat dikonfirmasi mengatakan, sebagai penegak hukum, pihaknya berterimakasih kepada warga yang membantu pengejaran dan penagkapan para oknum tersangka.

"Kedepan saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Silaen hingga ke pelosok pedesaan supaya tetap waspada dan selalu berhati hati, khususnya di akhir-akhir tahun seperti akhir Tahun 2020 ini," ujarnya.

Sementara para pelaku pencurian berhasil dirangkap dan diamankan di Polres Toba untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.