SERGAI - Seratusan rumah di Dusun XV Kampung Jati dan Dusun XVI Kampung Samben, Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, porak poranda usai hujan deras disertai angin puting beliung 'mengamuk' di daerah itu, Sabtu (28/11/2020) sore sekira pukul 16.00 WIB. Menurut warga Dusun XV, Aminudin (33) kepada GoSumut di lokasi mengatakan, kejadian bermula pada pukul 15.44WIB saat hujan yang cukup deras turun disertai angin kencang.

"Selang beberapa menit, saya terkejut tiba tiba atap rumah pada beterbangan terbawa angin dan menimpa rumah tetangga. Sehingga warga berhamburan untuk menyelematkan diri guna dari runtuhan bangunan," ucap Aminudin.

Dia mengakui, ada puluhan rumah warga yang beterbangan atap rumah akibat diterjang angin puting beliung.

Senada juga dikatakan Lisnawati (37). "Saat kejadian saya berada di dalam rumah. Setelah mendengar gemuruh angin, saya langsung keluar rumah dan tiba tiba atap rumah langsung beterbangan," ujar Lisnawati sesunggukan.

Begitu juga dengan Rukiyah (39). Kepada GoSumut di lokasi, dia menangis histeris melihat kondisi rumahnya berhamburan diterjang angin puting beliung. "Iya bang rumah saya tiba tiba atap rumah terbang dibawa angin," terangnya.

Di lokasi, GoSumut melihat puluhan rumah yang rusak berat akibat hantaman angin puting beliung.

Saat ini warga yang terkena musibah mengungsi ke rumah saudara atau tetangga yang luput dari bencana angin puting beliung.

Kepala Desa Sei Bamban, Fadli Lubis kepada GoSumut mengaku ada 100 rumah yang diterjang angin puting beliung sesuai data yang dihimpunnya hingga malam ini.

"Malam ini yang masih terdata sementara yakni di Dusun XV ada 75 rumah. Sedangkan Dusun XVI ada 28 rumah yang hampir rata rusak berat," ucap Fadli Lubis.

"Untuk sementara ini masih dua Dusun, dan malam ini terus kami data berapa jumlah rumah yang terkena angin puting beliung di Desa Sei Bamban. Sedangkan khusus Kecamatan Sei Bamban kita belum mengetahuinya. Besok kita kabari lagi," pungkas Kades Sei Bamban Fadli Lubis.