MEDAN - Harga cabai rawit dan cabai merah belakangan ini mengalami kenaikan tajam.

Untuk cabai rawit harganya sudah mencapai Rp35.000/kg, padahal sepekan sebelumnya masih dikisaran Rp25.000/kg. Demikian halnya, cabai merah, tiga hari belakangan harga cabai merah melonjak dikisaran Rp43.000 hingga Rp47.000/kg ribu per Kg. Padahal sebelumnya, masih dalam rentang harga Rp37.000 hingga Rp40.000/kg.

Menyikapi hal tersebut, pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin menilai kenaikan harga cabai ini dipengaruhi intensitas hujan yang sangat tinggi di sejumlah daerah penghasil cabai.

"Jadi dari sejumlah rentetan harga yang terjadi belakangan ini. Khususnya dalam satu bulan terakhir, harga kebutuhan pokok masyarakat rata-rata masih stabil. Saya melihat Sumut berpeluang untuk mencetak deflasi dalam rentang 0 hingga 0.01%. Secara keseluruhan harga sejumlah kebutuhan pokok di Sumut masih sangat terjada," ujarnya.

Meski demikian, selama bulan Desember nantinya dia memperkirakan harga sejumlah kebutuhan pokok berpeluang untuk mengalami kenaikan. Selain curah hujan yang tinggi ditambah, tingkat konsumsi masyarakat yang mengalami peningkatan. Karena bertepatan dengan liburan panjang keagamaan dan tahun baru.

"Maka pemerintah harus mewaspadai kemungkinan tren harga kebutuhan pangan yang semakin memburuk," sambungnya seraya menambahkan ada banyak komoditas yang berpeluang mengalami kenaikan harga.