AMERIKA SERIKAT - Mike Tyson dinilai bakal menghadirkan rasa sakit dalam pengertian sesungguhnya pada duel comeback-nya melawan Roy Jones Jr.
Hal itu disampaikan mantan juara dunia tinju jelas welter ringan (light welterweight) yang juga merupakan teman dekat Mike Tyson, Zab Judah.

Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr akan dihelat di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, pada Minggu (29/11/2020) siang WIB.

Menurut Zab Judah, Mike Tyson sangat serius mempersiapkan diri menghadapi pertarungan pertamanya setelah 15 tahun pensiun.

Zab Judah memiliki pandangan itu karena sempat mengikuti pemusatan latihan yang dilakukan Mike Tyson.

Salah satu momen yang diingat Zab Judah dari pemusatan latihan itu adalah ketika Mike Tyson mematahkan gigi lawan sparring-nya. Kejadian itu membuat Zab Judah yakin Mike Tyson yang pernah mendominasi tinju kelas berat pada era 80-an hingga 90-an telah kembali.

Selain itu, Zab Judah juga memperingatkan Roy Jones Jr bahwa Mike Tyson akan datang ke ring dengan niatan untuk menyakiti lawan. "Saya baru saja menyelesaikan pemusatan latihan dengan Mike Tyson," kata Zab Judah dikutip dari situs BoxingScene dan dilansir kompascom, Jumat (27/11/2020).

"Saya di sini untuk memberi tahu dunia bawah Mike Tyson akan datang ke ring akhir pekan ini untuk menghadirkan rasa sakit. Mike Tyson tidak main-main," ucap Zab Judah. "Saya mengerti mereka (penyelenggara) bermain-bermain dan mengubah banyak aturan. Namun, saudara saya (Mike Tyson) datang untuk menyakiti sesuatu," tutur Zab Judah.

"Jadi, saya ingin semua orang tahu bahwa pertarungan ini tidak main-main. Saya pikir Mike Tyson yang pernah Anda kenal pada masa lalu sudah kembali," ucap Zab Judah menamnahkan.

"Izinkan saya memberi tahu Anda alasannya, ada seorang datang ke pemusatan latihan dengan gigi lengkap. Setelah itu, dia pulang dengan satu gigi hilang," ujar Zab Judah.

"Jadi, itulah bukti intensitas Mike Tyson telah kembali. Ini akan menjadi pertarungan yang gila," tutur Zab Judah.

Terkait aturan pertarungan, Komisi Atletik California (CSAC), selaku penanggung jawab memang mengubah beberapa poin.

CSAC memutuskan untuk mengurangi jumlah ronde dari 12 menjadi delapan dengan setiap rondenya berlangsung dua menit.

Aturan lain yang diubah CSAC adalah pertarungan akan langsung dihentikan jika salah satu dari Mike Tyson atau Roy Jones Jr terluka, dalam artian berdarah.

Satu aturan yang paling menjadi kontroversi dari CSAC adalah tidak ada juri yang bertugas menghitung poin Mike Tyson dan Roy Jones Jr.

Hal itu membuat duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr dipastikan tidak akan ada pemenang karena CSAC juga meniadakan aturan menang knock out (KO). Pihak CSAC memutuskan mengubah banyak aturan untuk menjaga keselamatan Mike Tyson dan Roy Jones Jr yang kini sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Meski demikian, duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr tetap akan menarik karena World Boxing Council (WBC) ikut terlibat. Berbeda dari CSAC, WBC akan menghadirkan tiga juri pada duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr.

Pihak WBC memutuskan hal itu agar duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr melahirkan pemenang yang berhak mendapatkan sabuk juara khusus.

Dengan demikian, pertarungan Mike Tyson vs Roy Jones Jr akan melahirkan dua hasil yang berbeda, yakni versi WBC dan CSAC.

Duel melawan Roy Jones Jr akan menjadi momen kembalinya Mike Tyson ke ring tinju setelah menyatakan pensiun pada 2005.

Di sisi lain, Roy Jones Jr juga akan melakukan pertarungan pertamanya setelah terakhir kali menghadapi Scott Sigmon pada Februari 2018.