PADANGSIDIMPUAN - Kodim 0212/Tapsel menggelar kegiatan pelayanan KB pemasangan alat kontarsepsi Metode Operasi Pria (MOP) bersama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), di Aula Daulay Simorangkir Makodim 0212/Tapsel Kota Padangsidimpuan, Rabu(25/11/2020).

Kegiatan ini sebagai upaya membantu pemerintah mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) guna mengendalikan jumlah penduduk serta meningkatkan akseptor baru di wilayah Tapanuli Bagian Selatan.

Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P. yang ditemui di lokasi kegiatan, mengatakan, Kegiatan Pelayanan KB ini diperuntukkan bagi pria, dengan pemasangan alat kontrasepsi Metode Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi, dan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap program pengendalian penduduk.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program KB sebagai upaya untuk mengatur jarak kelahiran, dengan harapan program keluarga berencana ini akan memasyarakat demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera," ungkap Dandim.

"Harapannya pertumbuhan penduduk masyarakat kita dapat terkendali yang tentunya akan sangat berpengaruh pada program-program pemerintah lainnya, jika pertumbuhan penduduk ini tidak kita kendalikan sedini mungkin," imbuh Dandim.

Sementara itu Marwan Siregar akseptor KB yang mengikuti pelayanan KB, menuturkan, awalnya sempat merasa takut mengikuti operasi MOP tersebut, tetapi setelah mendapat penjelasan dari kader KB serta dengan pertimbangan istrinya yang memiliki risiko tinggi saat kehamilan akhirnya memutuskan untuk mengikuti KB MOP atau vasektomi.

“Sempat takut, namun setelah dijelaskan oleh kader KB bahwa MOP hanya operasi kecil, sementara manfaatnya besar maka berani ikut, dan enaknya lagi semua gratis serta difasilitasi oleh pihak Kodim 0212/Tapsel,” tuturnya.