LOMBOK- Menpora, Zainudin Amali meninjau langsung pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia pun optimis event balapan tingkat dunia itu bisa terlaksana di Tanah Air pada tahun depan.

"Perencanaan yang dipersiapkan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) kemudian bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap jalan ya. Saya optimis sesuai dengan perencanaan kita bahwa pekerjaan ini akan selesai," kata Zainudin Amali  di sela-sela peninjauannya, Selasa (24/11/2020).

Zainudin Amali yang memakai alat pelindung keselamatan kerja ketika meninjau, tampak mengamati betul pembangunan sirkuit yang memiliki panjang trek 4,31 km ini. Proses pengerjaannya pun terus dikebut. Alat berat tengah hilir mudik dijalanan. Para pekerja juga tampak sibuk.

"Dorna (operator MotoGP) pasti akan memberikan penilaian terhadap upaya yang dilakukan ITDC dan pemerintah. Kita harapkan walaupun sekarang pandemi, soal jadwal itu sepenuhnya menjadi kewenangan Dorna untuk menentukan," ujarnya.

Ditegaskan Amali, fasilitas yang akan digunakan MotoGP nantinya terus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Diharap, Dorna nantinya akan puas dengan hasil, sehingga MotoGP yang sesuai diharapkan bisa terselenggara.

"Tugas kita menyiapkan dengan sebaiknya fasilitas yang akan digunakan untuk MotoGP. Dorna nanti akan datang melihat dan kita harap mereka puas melihat pekerjaan kita dan MotoGP akan berlangsung di Indonesia," katanya. 

Lebih lanjut, dia menerangkan, sinergi antar semua pihak menjadi kunci dalam menyukseskan MotoGP di Mandalika. Kedatangannya dalam meninjau sirkuit menjadi bukti penegasan bahwa event tersebut masih tetap dalam progres.

"Kita adalah negara besar, saya punya keyakinan dengan kolaborasi diantara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian ITDC serta kontraktor, semua bersinergi dengan baik. Sekaligus saya meyakinkan kepada masyarakat, saya dengar penjelasan Pak Gubernur dan ITDC, saya optimis MotoGP Mandalika 2021 insyaallah akan terlaksana. Informasi dari ITDC, itu masih on progres," jelasnya.

Penegasan yang sama juga disampaikan Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer. Dia optimis, pelaksanaan MotoGP tahun depan bisa terlaksana di Mandalika. "Sirkuit sedang dibangun, dan kseperti apa yang disampaikan Pak Menpora, kita optimis MotoGP bisa terlaksana tahun depan," tambahnya. ***