MEDAN - Satpol PP Medan mencopot spanduk 'HMI Siap Kawal Kedatangan Habib Rizieq' yang terpasang di beberapa lokasi di Medan. Menurut Satpol PP, spanduk yang dicopot bukan cuma punya HMI.
Kasatpol PP Medan, Sofyan, mengatakan pihaknya melakukan penertiban spanduk, umbul-umbul, baliho dan lainnya secara rutin. Spanduk hingga baliho yang melanggar aturan bakal dicopot petugas.

"Iya. Kegiatan penertiban spanduk, umbul-umbul, banner dan lain-lain yang tidak memiliki izin merupakan kegiatan rutin," kata Sofyan saat dimintai konfirmasi, Selasa (24/11/2020) dikutip dari detik.com.

Sofyan juga menunjukkan foto kegiatan penertiban spanduk, banner, dan umbul-umbul lainnya yang dilakukan pada Sabtu (21/11) hingga Senin (23/11). Dia mengatakan penertiban dilakukan di berbagai wilayah di Medan.

Sebelumnya, HMI Sumut memasang spanduk berisi dukungan terhadap Habib Rizieq di beberapa titik di Medan. Antara lain Jalan SM Raja simpang Jalan Turi serta Jalan SM Raja simpang Jalan Masjid Raya Medan.

"HMI siap kawal kedatangan Habib Rizieq di Sumut," tulis isi spanduk. Spanduk tersebut sudah ada di lokasi-lokasi tersebut sejak pukul 08.40 WIB, Senin (23/11).

Ada logo Badko HMI Sumut serta foto Habib Rizieq di spanduk tersebut. Ada juga tanda pagar 'siap kawal ulama' dan 'Medan kawal ulama' tertulis di spanduk itu.

Ketua Umum Badko HMI Sumut, Alwi Hasbi Silalahi, membenarkan pihaknya yang memasang spanduk tersebut. Dia mengatakan spanduk itu dipasang karena sebelumnya ada spanduk yang menolak kedatangan Habib Rizieq.

"Memang kami yang pasang. Kemarin kan ada yang bikin itu tolak kedatangan Habib Rizieq, bahkan ada yang demo kan. Di sini kami mau sampaikan kalau ada yang tolak, kami yang kawal Habib Rizieq," kata Hasbi

Namun, spanduk tersebut tak bertahan lama. Pada pukul 18.12 WIB, spanduk tersebut sudah tidak ada lagi.

Sekretaris Satpol PP Kota Medan, Rakhmat, mengatakan spanduk tersebut telah ditertibkan oleh pihaknya. "Sudah kita tertibkan," kata Rakhmat dimintai konfirmasi.